PENGGUNAAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NEGOSIASI BERORIENTASI PADA KESANTUNAN BAHASA DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 19 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2021-2022

VELIANA NURSYAMSIAH, NPM : 178090015 (2021) PENGGUNAAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NEGOSIASI BERORIENTASI PADA KESANTUNAN BAHASA DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 19 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2021-2022. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
Artikel Veliana Nursyamsiah.docx

Download (120kB)

Abstract

Nursyamsiah, Veliana. 2021. Penggunaan Model Example Non Example dalam Pembelajaran Menulis Teks Negosiasi Berorientasi pada Kesantunan Bahasa dan Dampaknya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Peserta Didik Kelas X SMAN 19 Bandung Tahun Pelajaran 2020-2021. Program studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Pascasarjana Universitas Pasundan Bandung. Pembimbing (I) Dr. Hj. R. Panca Pertiwi Hidayati, M.Pd. (II) Dr. Cartono, S.Pd., M.Pd., M.T. Tujuan Penelitian ini adalah (a) untuk mengetahui seginifikansi kemampuan menulis teks negosiasi pada peserta didik kelas X SMAN 19 Bandung tahun pelajaran 2018-2019 yang sebelum dan setelah diterapkan metode example non example; (b) untuk mengetahui perbandingan kemampuan menulis teks negosiasi pada peserta didik kelas X SMAN 19 Bandung tahun pelajaran 2018-2019 yang menggunakan metode example non example dengan metode konvensional; (c)untuk mengetahui dampak metode example non example dalam pembelajaran menulis teks negosiasi tehadap kemampuan berpikir kritis pada peserta didik kelas X SMAN 19 Bandung tahun pelajaran 2018-2019; dan (d) untuk mengetahui perbandingan dampak berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran menulis teks negosiasi pada peserta didik kelas X SMAN 19 Bandung tahun pelajaran 2018-2019 dengan menggunakan metode example non example dengan metode konvensional. Penelitian ini menggunakan mix method atau menggabungkan metode kualitatif dan kuantitatif dalam pengolahan data. Penelitian ini menyajikan hasil pembelajaran menulis teks negosiasi yang berorientasi pada kesantunan berbahasa dan dampaknya terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, didapat kesimpulan bahwa pembelajaran menulis teks negosiasi yang berorientasi pada kesantunan berbahasa dapat membantu peserta didik dalam proses berpikir kritis di kehidupan sehari-hari. Selain itu juga model example non example dapat menjadi alternatif pemilihan metode pembelajaran di kelas. Terbukti dari hasil pretes rata-rata peserta didik kelas eksperimen mendapatkan 54, sementara perolehan rata-rata nilai postes 67. yang menunjukan kenaikan nilai. Begitu pula dengan nilai rata-rata pretes kemampuan berpikir kritis peserta didik yaitu 53, sementara nilai rata-rata postes 65, juga menunjukan kenaikan. Kata Kunci: Pembelajaran, Menulis, Berpikir Kritis, Kesantunan Berbahasa, Negosiasi, Example Non Example

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2021
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 16 Dec 2021 07:53
Last Modified: 16 Dec 2021 07:53
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54768

Actions (login required)

View Item View Item