ANNINDYA, TRISNA, 155040091 (2021) PENGGUNAAN E-COMIC BERBANTUAN APLIKASI YOUTUBE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X KONSEP KEANEKARAGAMAN HAYATI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover(1).pdf Download (52kB) | Preview |
|
|
Text
2 .LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text
3. Abstrak 3 bahasa.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text
9. Bab I.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB II.pdf Download (736kB) | Preview |
|
Text
11. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (333kB) |
||
Text
12. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (484kB) |
||
Text
13. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (124kB) |
||
|
Text
14. Daftar Pustaka.pdf Download (213kB) | Preview |
Abstract
Proses pembelajaran di sekolah perlu adanya media untuk memperlancar interaksi antara guru dengan siswa sehingga pembelajaran akan lebih efektif dan efisien. Media pembelajaran yang efektif digunakan dalam pembelajaran biologi sebaiknya memanfaatkan kemajuan teknologi dan diintegerasikan dengan nilai-nilai positif. Salah satu sekolah yang memiliki fasilitas pembelajaran adalah SMA Negeri 1 Sungai Selan akan tetapi pemanfaatan teknologi masih belum optimal, hal ini terlihat ketika proses pembelajaran di kelas guru lebih memilih belajar tanpa menggunakan media dengan fasilitas tersebut, dikarenakan guru menganggap proses penggunaan media yang rumit dan menghabiskan waktu ketika mempersiapkan media itu sendiri, sehingga waktu untuk proses pembelajaran akan berkurang dan pemahaman materi siswa terhadap pembelajaran pun akan terganggu. Salah satu media yang efektif dan mampu menarik perhatian siswa adalah E-comic berbantuan aplikasi Youtube. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan E-comic berbantuan aplikasi Youtube. yang dikembangkan dan mengetahui besarnya pengaruh media aplikasi youtube dalam pembelajaran biologi terhadap peingkatan pembelajaran siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas X dengan melibatkan 32 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket Berdasarkan hasil penelitian kualitas media pembelajaran yang digunakan dikategorikan layak dengan skor rata-rata 3,43 oleh ahli media, 3,6 oleh ahli materi, 3,62 oleh ahli bahasa dan kategori sangat layak sebesar 4,21 oleh guru. Media E-comic berbantuan aplikasi youtube dapat meningkatkan pemahaman dan pembelajaran siswa pada suatu mata pelajaran dengan hasil yang bervariasi. Hasil angket respon dari 32 siswa menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran memudahkan pemahaman dan pembelajaran siswa. Penguatan tersebut diperoleh peningakatan, bisa kita lihat dari nilai pretest nilai rata rata siswa 45.2 sedangkan setelah postest menjadi 72.9 terdapat peningkatan yang signifikan dari nilai rata rata para siswa. Kata Kunci : Media Pembelajaran, E-Comic, Youtube
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2021 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 14 Dec 2021 06:26 |
Last Modified: | 14 Dec 2021 06:26 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54487 |
Actions (login required)
View Item |