Ayi Purbasari, DS (2019) Penggunaan E-learning Berbasis Moodle bagi KKG Sekolah Dasar di Kecamatan Lengkong Kota Bandung. JURNAL SOLMA, 8 (2). pp. 268-277. ISSN 2614-1531
|
Text
23. Penggunaan E-learning Berbasis Moodle bagi KKG Sekolah Dasar di Kecamatan Lengkong Kota Bandung.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran yang dilakukan Kelompok Kerja Guru (KKG) Kecamatan Lengkong Kota Bandung belum menggunakan teknologi berbasis digital. Padahal penerapan pembelajaran untuk menuju abad 21 harus berbasis digital dan pembelajaran merupakan tolak ukur sebagai sarana dalam meningkatkan kualitas hasil belajar siswa. Dengan demikian, diperlukan pemahaman dan keterampilan KKG untuk menyelesaikan masalah tersebut. Tujuan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini untuk memberikan pengetahuan mengenai penggunaan teknologi berbasis e-learning bagi KKG Kecamatan Lengkong Kota Bandung. Metode kegiatan dilakukan dengan workshop melalui teknik ceramah, tanyajawab, diskusi dan latihan praktik. Pemberian materi dimulai dari pengenalan e-learning dan praktik penggunaan moodle dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil kegiatan, semua peserta sangat antusias dan mengikuti setiap sesi kegiatan sampai akhir. Kegiatan ini pun dilaksanakan dengan sukses, lancar dan sesuai dengan rencana serta berdampak pada peningkatan pemahaman pengetahuan dan keterampilan KKG dalam penggunakan elearning berbasis moodle dari 19% menjadi 35%. Artinya adanya peningkatan pengetahuan dan pemahaman guru sebesar 16% didalam penggunaan moodle untuk pembelajaran. Diharapkan melalui workhop ini, KKG dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menggunakan teknologi bebasis moodle untuk menumbuhkan motivasi dan aktivitas belajar siswa. Kata kunci: E-learning, KKG, Sekolah Dasar, Moodle
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | PAPER |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2019 |
Depositing User: | Ms sri - |
Date Deposited: | 10 Dec 2021 04:23 |
Last Modified: | 27 Jun 2022 08:24 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54456 |
Actions (login required)
View Item |