EFEKTIVITAS APLIKASI ETNO-EDUGAMES UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA

N. SYLVIA AFRILIANTI, 175040038 (2021) EFEKTIVITAS APLIKASI ETNO-EDUGAMES UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
01 COVER.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07 ABSTRAK.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09 BAB I.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10 BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
11 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (541kB)
[img] Text
12 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (370kB)
[img] Text
13 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img]
Preview
Text
14 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (407kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Motivasi menjadi salah satu pendorong siswa untuk memahami, menerima, dan mengaplikasikan materi pembelajaran, termasuk juga dengan pembelajaran biologi. Guna mengetahui dan mengukur motivasi belajar siswa melalui nilai belajar, penulis menggunakan aplikasi Etno-edugames yang menjadi dasar dalam penelitian, Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas aplikasi etnoedugames dalam meningkatkan motivasi belajar siswa tentang materi sistem pencernaan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 dan XI IPA 3 SMA Angkasa Lanud Sulaiman. Sedangkan, desain penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif dengan metode quasy-experiment melalui pre-test dan post-test sebanyak 25 butir soal untuk memperoleh data kuantitatif penguasaan materi setelah diberikan perlakuan. Angket juga digunakan dalam pengumpulan data kualitatif sebagai respon siswa terhadap penggunaan aplikasi Etno-Edugames. Hasil penelitian Uji T menunjukkan bahwa sig 0,00 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima sehingga dinyatakan bahwa terdapat perbedaan pada motivasi setiap siswa. Hasil N-gain yang didapat, pada kelas eksperimen N-gain menunjukkan 0,57% sehingga masuk pada kriteria sedang lalu pada kelas kontrol N-gain menunjukkan 0,31% masuk pada kriteria sedang. Untuk hasil angket, mayoritas siswa memiliki respon positif terhadap penggunaan aplikasi Etno-Edugames dalam proses belajar. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan Aplikasi Etno-edugames dinyatakan cukup efektif untuk meningkatkan motivasi siswa Kata Kunci : Aplikasi Etno-Edugames, Sistem Pencernaan, Motivasi Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2021
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 07 Dec 2021 02:55
Last Modified: 07 Dec 2021 02:57
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54432

Actions (login required)

View Item View Item