PENGARUH ROA, DER, EPS, BVS, INFLASI DAN NILAI TUKAR TERHADAP RETURN SAHAM (Studi Pada Industri Farmasi Yang Terdaftar Di BEI Periode Tahun 2009-2013)

RIA ESA FITRYNA, NPM : 138020095 (2015) PENGARUH ROA, DER, EPS, BVS, INFLASI DAN NILAI TUKAR TERHADAP RETURN SAHAM (Studi Pada Industri Farmasi Yang Terdaftar Di BEI Periode Tahun 2009-2013). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I Pendahuluan.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II Kajian Pustaka, Kerangka Pemikiran dan Hipotesis.pdf

Download (414kB) | Preview
[img] Text
Bab IV Hasil Penelitian dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Bab III Metodologi Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (677kB)
[img] Text
Bab V Simpulan dan Rekomendasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (477kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh faktor ekonomi mikro (faktor fundamental perusahaan) dan makro terhadap return saham di perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam sektor industri Farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Variabel-variabel yang diambil dari faktor ekonomi mikro (faktor fundamental perusahaan) adalah Return On Asset (ROA), Debt To Equity Ratio (DER), Earning Per Share (EPS), dan Book Value Per Share (BVS). Variabel-variabel penelitian yang diambil dari faktor ekonomi makro adalah variabel inflasi dan kurs tengah (USD $1/IDR). Hasil Penelitian diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan ilmu manajemen khususnya manajemen keuangan dan analisis saham. Bagi Departemen sejenis maupun praktisi, diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan informasi yang berguna tentang pentingnya analisis faktor�faktor baik itu faktor ekonomi mikro (ROA, DER, EPS, BVS) dan makro (inflasi dan kurs) dalam upaya mengoptimalkan return saham. Penelitian dilakukan di Bursa Efek Indonesia (BEI) khususnya pada perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam bidang Farmasi. Jumlah perusahaan yang diteliti sebanyak 10 perusahaan. Metode penelitiannya menggunakan metode dokumenter dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Tipe penelitiannya berupa Descriptive Research dan Verificative Explanation Research. Data penelitian berupa time series dan cross-sectional yang mencerminkan gambaran dari suatu keadaan pada suatu saat tertentu. Penelitian ini dilakukan selama lima tahun terakhir yakni sejak tahun 2009-2013. Untuk menguji hipotesis penelitian digunakan metode statistika analisis regresi data panel. Software yang digunakan untuk menganalisis data panel adalah software Eviews 6. Hasil pengujian penelitian ditemukan bahwa secara parsial terdapat hubungan yang signifikan dengan arah pengaruh yang positif antara ROA, EPS, BVS, dan Inflasi dengan return saham. Variabel DER secara parsial berpengaruh signifikan terhadap return saham dengan arah pengaruh yang negatif. Variabel BVS tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham dengan arah pengaruh yang positif. Variabel Kurs tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham dengan arah pengaruh yang negatif. Secara simultan, variabel ROA, DER, EPS, BVS, Inflasi dan Nilai Tukar (Kurs) berpengaruh signifikan terhadap return saham dengan persentase pengaruh sebesar 50,61%, sedangkan sisanya sebesar 49,39% dijelaskan faktor-faktor lain yang tidak termasuk dalam model. Kata kunci : Return On Asset (ROA), Debt To Equity Ratio (DER), Earning Per Share (EPS), Book Value Per Share (BVS), Inflasi, Kurs, dan Return Saham.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2015
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 03 Dec 2021 04:05
Last Modified: 03 Dec 2021 04:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54417

Actions (login required)

View Item View Item