ANALISIS EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WHATSAPP GROUP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KELAS IV DI SDN 270 GENTRA MASEKDAS

FAUZI, ALDIE NUR, 175060036 (2021) ANALISIS EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WHATSAPP GROUP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KELAS IV DI SDN 270 GENTRA MASEKDAS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pengesahan.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT BAHASA INGGRIS.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (249kB) | Preview
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (407kB)
[img] Text
BAB 4docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (161kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah : (i) apakah penggunaan WhatsApp Group efektif atau tidak sebagai media pembelajaran interaktif pada kelas IV SDN 270 Gentra Masekdas, (ii) mengetahui seberapa besar efektivitas penggunaan media WhatsApp Group pada pembelajaran interaktif pada kelas IV di SDN 270 Gentra Masekdas. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Alat yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian ini adalah : (i) wawancara kepada guru, (ii) penyebaran angket kepada siswa dan guru. Teknik pengolahan data menggunakan SPSS v25 untuk mencari nilai mean, minimum, maximum dan nilai standar deviasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai mean atau nilai rata-rata semua data adalah 60,29. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan WhatsApp Group sebagai media pembelajaran interaktif siswa cukup efektif untuk digunakan pada kelas IV SDN 270 Gentra Masekdas. Berdasarkan penjelasan tingkat efektivitas pembelajaran berada pada kisaran 41 – 60, dimana interval > 41% dinyatakan cukup efektif untuk pembelajaran. Adapun saran dari penulis pada penelitian ini yaitu : (i) bagi siswa harus mampu mengikuti perkembangan teknologi dalam pembelajaran daring dan lebih antusias untuk mengikuti pembelajaran daring, (ii) bagi guru untuk bisa lebih mengembangkan keahlian dalam menggunakan teknologi pembelajaran daring, (iii) bagi sekolah untuk bisa lebih meningkatkan fasilitas internet yang menjadi salah satu kendala dalam pembelajaran daring, (iv) bagi peneliti selanjutnya yang akan melakukan penelitian dengan topik yang sama, diharapkan lebih luas lagi untuk mencari data, sumber, dan referensi agar hasil penelitian bisa lebih baik lagi. Kata Kunci : Efektivitas pembelajaran interaktif, WhatsApp Group, media pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 29 Nov 2021 07:27
Last Modified: 29 Nov 2021 07:27
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54384

Actions (login required)

View Item View Item