FAUZI, ALDIE NUR, 175060036 (2021) ANALISIS EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WHATSAPP GROUP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KELAS IV DI SDN 270 GENTRA MASEKDAS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text
Pengesahan.pdf Download (56kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (75kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT BAHASA INGGRIS.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (238kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (249kB) | Preview |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (407kB) |
||
Text
BAB 4docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (356kB) |
||
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (161kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah : (i) apakah penggunaan WhatsApp Group efektif atau tidak sebagai media pembelajaran interaktif pada kelas IV SDN 270 Gentra Masekdas, (ii) mengetahui seberapa besar efektivitas penggunaan media WhatsApp Group pada pembelajaran interaktif pada kelas IV di SDN 270 Gentra Masekdas. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Alat yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian ini adalah : (i) wawancara kepada guru, (ii) penyebaran angket kepada siswa dan guru. Teknik pengolahan data menggunakan SPSS v25 untuk mencari nilai mean, minimum, maximum dan nilai standar deviasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai mean atau nilai rata-rata semua data adalah 60,29. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan WhatsApp Group sebagai media pembelajaran interaktif siswa cukup efektif untuk digunakan pada kelas IV SDN 270 Gentra Masekdas. Berdasarkan penjelasan tingkat efektivitas pembelajaran berada pada kisaran 41 – 60, dimana interval > 41% dinyatakan cukup efektif untuk pembelajaran. Adapun saran dari penulis pada penelitian ini yaitu : (i) bagi siswa harus mampu mengikuti perkembangan teknologi dalam pembelajaran daring dan lebih antusias untuk mengikuti pembelajaran daring, (ii) bagi guru untuk bisa lebih mengembangkan keahlian dalam menggunakan teknologi pembelajaran daring, (iii) bagi sekolah untuk bisa lebih meningkatkan fasilitas internet yang menjadi salah satu kendala dalam pembelajaran daring, (iv) bagi peneliti selanjutnya yang akan melakukan penelitian dengan topik yang sama, diharapkan lebih luas lagi untuk mencari data, sumber, dan referensi agar hasil penelitian bisa lebih baik lagi. Kata Kunci : Efektivitas pembelajaran interaktif, WhatsApp Group, media pembelajaran
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 29 Nov 2021 07:27 |
Last Modified: | 29 Nov 2021 07:27 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54384 |
Actions (login required)
View Item |