PENERAPAN PRINSIP PRODUCT LIABILITY TERHADAP KONSUMEN YANG DIRUGIKAN DALAM PERDAGANGAN TELEPON SELULER DIHUBUNGKAN DENGAN ASPEK HUKUM PERLINDUNGAN KONSUMEN

Haryo Fajar Nugroho, NPM. 208040094 (2021) PENERAPAN PRINSIP PRODUCT LIABILITY TERHADAP KONSUMEN YANG DIRUGIKAN DALAM PERDAGANGAN TELEPON SELULER DIHUBUNGKAN DENGAN ASPEK HUKUM PERLINDUNGAN KONSUMEN. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
Haryo Fajar Nugroho_MIH copy.doc

Download (50kB)

Abstract

Beredarnya telepon seluler bergaransi tidak resmi yang dijual oleh pelaku usaha perdagangan ponsel di pasaran membawa dampak kerugian kepada bagi konsumen yang membelinya, seperti kualitas barang tidak sesuai standar, barang yang tidak baru, garansi dan layanan purna jual tidak bagus, tidak ada label dan panduan bahasa Indonesia. Berkaitan dengan masalah hak-hak konsumen atas barang yang dibelinya maka konsumen telepon seluler tidak resmi yang dirugikan pelaku usaha ini harus mendapatkan tanggung jawab dari pelaku usaha dan perlindungan hukum. Metode penelitian yang digunakan adalah sebagai berikut, dimana data-data mengenai permasalahan yang timbul oleh penjualan dan pembelian telepon seluler tidak resmi, baik yang dialami oleh konsumen maupun pelaku usaha (penjual) didapatkan dari berbagai sumber yang kompeten dianalisis dengan metode normative kualitatif dalam bentuk uraian logis dan sistematis. Teori yang dipakai untuk mengkaji atau menganalisis adalah teori product liability atau tanggung jawab produk dengan prinsip strict liability atau tanggung jawab mutlak, dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Hasil penelitian ini adalah, berdasarkan teori product liability dan strict liability pelaku usaha yang menjual barang dan menimbulkan kerugian bagi konsumen wajib memberikan ganti rugi, dan bila tidak mendapat ganti rugi atau ganti rugi tersebut belum memuaskan konsumen, maka konsumen mendapat perlindungan hukum melalui upaya penyelesaian sengketa baik melalui pengadilan maupun luar pengadilan. Kata kunci : tanggung jawab, perlindungan konsumen, ponsel.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Ilmu Hukum 2021
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 27 Nov 2021 04:26
Last Modified: 27 Nov 2021 04:26
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54380

Actions (login required)

View Item View Item