IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGELOLAAN RUANG TERBUKA HIJAU DI BIDANG PERTAMANAN DAN PEMAKAMAN DI DINAS PERUMAHAN RAKYAT DAN KAWASAN PERMUKIMAN UNTUK MEWUJUDKAN KABUPATEN KARAWANG YANG ASRI DAN LESTARI (STUDI KASUS PERDA NOMOR 2 TAHUN 2015)

Neng Sri Handayani, NPM : 188010010 (2021) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGELOLAAN RUANG TERBUKA HIJAU DI BIDANG PERTAMANAN DAN PEMAKAMAN DI DINAS PERUMAHAN RAKYAT DAN KAWASAN PERMUKIMAN UNTUK MEWUJUDKAN KABUPATEN KARAWANG YANG ASRI DAN LESTARI (STUDI KASUS PERDA NOMOR 2 TAHUN 2015). Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img]
Preview
Text
Artikel Neng Sri Handayani.pdf

Download (441kB) | Preview

Abstract

Penelitia ini membahas mengenai “Implemntasi Kebijakan Pengelolaan Ruang Terbuka Hijau Di Bidang Pertamanan Dan Pemakaman Di Dinas Perumahan Rakyat Dan Kawasan Permukiman Untuk Mewujudkan Kabupaten Karawang Yang Asri Dan Lestari (Studi Kasus Perda Nomor 2 Tahun 2015)”. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana Implemntasi Kebijakan Pengelolaan Ruang Terbuka Hijau Di Bidang Pertamanan Dan Pemakaman Di Dinas Perumahan Rakyat Dan Kawasan Permukiman Untuk Mewujudkan Kabupaten Karawang Yang Asri Dan Lestari (Studi Kasus Perda Nomor 2 Tahun 2015) dan upaya-upaya yang dilakukan dalam penyediaan ruang terbuka hijau di Kabupaten Karawang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan /verifikasi. Uji validitas data dilakukan dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi kebijakan pengelolaan ruang terbuka hijau di Kabupaten Karawang masih belum optimal dikarenakan 1 2 kebutuhan masyarakat Karawang yang belum sepenuhnya terpenuhi, masih terbatasnya lahan yang digunakan untuk pertamanan karena tidak semua lahan yang ada dapat dipakai pemerintah daerah untuk dijadikan ruang terbuka hijau, belum ada suatu program yang secara spesifik membahas untuk mengembangkan pengelolaan ruang terbuka hijau di wilayah pedesaan Kabupaten Karawang, dukungan dari sumber daya belum memadai, masih terdapat kekuasaan yang memegang kendali, lemahnya pengawasan, dan masih lemahnya tingkat kepatuhan masyarakat Kabupaten Karawang Saran dari peneliti masyarakat yang ada dapat berinisiatif melakukan pembangunan taman dari anggaran sukarelawan masyarakat setempat, dengan demikian maka bahu membahu untuk menciptakan kabupaten Karawang yang semakin asri. Membuat suatu komunitas yang didalamnya mau bahu-membahu melakukan pengelolaan terhadap taman yang ada di wilayah tersebut. dibentuknya Satuan Tugas Khusus (SATGASUS). Perlu adanya bantuan dana Corporate Social Responsibility (CSR), Perlu adanya pemberlakuan sanksi yang tegas bagi masyarakat Kata Kunci: Implementasi Kebijakan, Ruang Terbuka Hijau

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Administrasi dan Kebijakan Publik 2021
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 24 Nov 2021 03:38
Last Modified: 24 Nov 2021 03:38
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54348

Actions (login required)

View Item View Item