PENINGKATAN KINERJA TENAGA PENDIDIK MELALUI MOTIVASI TENAGA PENDIDIK DI SUTVEY DI PUSDIKIF DAN PUSDIK ARHANUD

Resty Ismawanti, NPM : 189010009 (2021) PENINGKATAN KINERJA TENAGA PENDIDIK MELALUI MOTIVASI TENAGA PENDIDIK DI SUTVEY DI PUSDIKIF DAN PUSDIK ARHANUD. Disertasi(S3) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img]
Preview
Text
JURNAL DISERTASI RESTY.pdf

Download (290kB) | Preview

Abstract

Standar kompetensi kelulusan atau hasil didik merupakan kualifikasi kemampuan lulusan yang didalamnya sikap, pengetahuan dan keterampilan yang meliputi kompetensi untuk seluruh mata pelajaran dan seluruh komponen mata pelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan analisis yang digunakan analisis deskriptif dan verifikatif, model yang digunakan regresi linier sederhana, tujuan penelitian untuk mengetahui fenomena atau masalah yang ada tentang motivasi kerja dan kinerja tenaga pendidik Pusdikif dan Pusdik Arhanud. Pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner terhadap 32 tenaga pendidik. Adapun yang menjadi faktor belum opimalnya kinerja tendik adalah disebabkan dengan adanya motivasi tenaga pendidik belum optimal. Motivasi kerja dibentuk dengan tiga dimensi:kebutuhan akan prestasi, kebutuhan akan kekuasaan dan kebutuhan akan afiliasi dan kinerja sebagai fasilitator, sebagai komunikator, sebagai Inovator, sebagai dinamisator, sebagai evaluator, sebagai pelatih dan dan sebagai pembimbing dan pengasuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan secara parsial dan signifikan terhadap kinerja tenaga pendidik. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa motivasi kerja pada kriteria cukup baik dengan sangat baik, dan kinerja tenaga pendidik pada kriteria cukup baik sampai dengan sangat baik. Hasil analisis verifikatif menunjukkan bahwa motivasi kerja memilki pengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kinerja tenaga pendidik dengan nilai koefesien regresi sebesar 0,704. Motivasi kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap kinerja tenaga pendidik dengan nilai R2 (Koefesien Determinasi) sebesar 0,495 atau 49,5% dengan nilai di luar model (errovar) sebesar 0,522 atau 50,2,%. Kata Kunci: motivasi; kinerja tenaga pendidik; pusdikif; pusdik arhanud

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2021
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 24 Nov 2021 03:19
Last Modified: 24 Nov 2021 03:19
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54346

Actions (login required)

View Item View Item