PENGEMBANGAN DAYA SAING USAHA KECIL UNGGULAN KOTA BANDUNG

Abdurohim, Dindin and Tresnawati, Yanti Susila and Iskandar, Trias Pyrenia and Ramadhan, Toto (2019) PENGEMBANGAN DAYA SAING USAHA KECIL UNGGULAN KOTA BANDUNG. JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 9 (2). pp. 128-135. ISSN 2548-1487

[img] Text
Review Pengembangan Daya Saing Usaha Kecil Unggulan Kota Bandung.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Pengembangan_Daya_Saing_Usaha_Kecil_Unggulan_Kota_.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (226kB) | Request a copy
Official URL: http://ojs.uninus.ac.id/index.php/JPKM/index

Abstract

Sentra Industri rajut Binong Jati, yang sekarang leubih dikenal Kampoeng Radjoet merupakan salah satu produk Unggulan Kota Bandung. Hal ini ditunjukan : 1) Hasil Penelitian Ina Primiana dkk, Surat Keputusan Wali Kota Bandung dan Surat Keterangan Lurah Setempat. Kawasan kampoeng rajoet memiliki : jumlah unit usaha 293 Pengrajin, nilai investasi 31.366 Milyar, kapasitas produksi per/tahun 984.426 Lusin dan menyediakan lapangan kerja bagi 2.143 Orang Tenaga Kerja, Pasar sasaran regional dan nasional beberapa usaha kecil sudah masuk pasar Internasional. Salah satunya Usaha Kecil Rajut milik Eka Rahmat Jaya yang merupakan Mitra PPPUD yang berada wilayah Binong Jati, Kecamatan, Batununggal Kota Bandung yang memiliki potensi untuk dikembangkan, akan tetapi masih dihadapkan pada permasalahan utama, yaitu belum memiliki Daya Saing Usaha. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini mulai dilaksanakan pada bulan Maret – September 2019. Permasalahan prioritas yang dihadapi Mitra untuk dicarikan solusinya : 1) Permasalahan belum memiliki mesin rajut Berbasis Komputerize, keterbatasan bahan baku.. 2) Permasalahan pemasaran, 3) Permasalahan Manajemen & SDM. 4) Permasalahan keterbatasan Kelengkapan usaha dan media promosi terbatas, 5) Keterbatasan mengikuti Pameran (Expo) dan kelengkapanya. Kondisi ini menyebabkan usaha mitra sasaran tidak memiliki daya saing. Metode pendekatan yang digunakan, yaitu ; Pelatihan, Bimbingan Teknis (Bimtek), Pendampingan, Fasilitasi usaha. Hasil dari kegiatan : Mitra memiliki kapasitas akan mesin Cixing dan Kapasitas bahan baku, Peningkatan Kapasitas Pemasaran / informasi Pasar / konsumen Potensial : Segmen, Target dan Positioning (STP), Peningkatan Kapasitas Manajemen Usaha : Visi, Misi dan Tujuan Usaha dan SDM / Tenaga Kerja meningkatnya motivasi dan daya kreativitas, Meningkatnya Kapasitas Kelengkapan usaha dan Media Promosi: Branding Produk, Akses Internet, Neon box, serta dapat mengikuti Pameran (Expo) dan memiliki kelengkapan ( Packaging / Tas Paperbag, Banner, name Card, Brosur, Katalog, Faktur, Manekin dan Gantungan baju / hanger). Yang utama dari program ini sesuai tujuanya Mitra sudah memiliki kemampuan berdaya Saing dalam menjalankan usahanya. Kata Kunci : Daya Saing, Usaha Kecil Unggulan, Bandung.

Item Type: Article
Subjects: JOURNAL
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2021
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 23 Nov 2021 15:43
Last Modified: 28 Jul 2023 07:02
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54341

Actions (login required)

View Item View Item