STRATEGI PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) BERBASIS EKONOMI KREATIF DALAM UPAYA PENINGKATAN KINERJA USAHA (Studi Kasus Kerajinan Tangan Di Kabupaten Bandung Barat)

Siti Patimah, NPM. 159020009 (2021) STRATEGI PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) BERBASIS EKONOMI KREATIF DALAM UPAYA PENINGKATAN KINERJA USAHA (Studi Kasus Kerajinan Tangan Di Kabupaten Bandung Barat). Disertasi(S3) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
Siti Patimah_DIS copy.docx

Download (37kB)

Abstract

Kerajinan tangan di Kabupaten Bandung Barat merupakan usaha yang cukup potensial, namun usaha ini banyak dihadapi berbagai permasalahan. Permasalahan yang dihadapi diantaranya terbatasnya bahan baku, modal, teknologi, SDM, pemasaran dan produksi, Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, dengan pendekatan studi kasus. Tehnik pengumpulan data diperoleh dari observasi lapangan, wawancara, FGD, studi kepustakaan dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian coding process dan dianalisis melalui tahapan yaitu reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa kondisi pemberdayaan kerajinan tangan masih sangat terbatas berkaitan dengan kegiatan pelatihan, bintek dan pendampingan, selain itu juga kurangnya pengetahuan yang dimiliki oleh UMKM kerajinan tangan. Berkaitan dengan ekonomi kreatif, para UMKM kerajinan tangan memiliki kreativitas yang cukup tinggi namun tidak didukung dengan pengetahuan yang sangat terbatas terutama dalam pengelolaan manajemen usaha. Hal ini tentunya sangat berpengaruh terhadap peningkatan kinerja usaha bagi UMKM kerajinan tangan, karena para pelaku usaha kurang mampu menggunakan pengetahuan yang merupakan bagian dari peningkatan kinerja usaha. Hal ini terlihat dari beberapa pengrajin masih sangat terbatasnya wilayah pemasaran sehingga mengakibatkan penjualan terbatas. Kata Kunci : Pemberdayaan, Ekonomi Kreatif , Kinerja Usaha

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Sosial 2021
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 23 Nov 2021 03:58
Last Modified: 23 Nov 2021 03:58
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54333

Actions (login required)

View Item View Item