PENINGKATAN KOMPETENSI STRATEGIS DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SERTA SELF-CONCEPT MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MELALUI STRATEGI TEAM-BASED LEARNING

SITI HANIPA, NPM : 168060022 (2021) PENINGKATAN KOMPETENSI STRATEGIS DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SERTA SELF-CONCEPT MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MELALUI STRATEGI TEAM-BASED LEARNING. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
COVER TESIS.docx

Download (73kB)
[img] Text
DAFTAR ISI TESIS.docx

Download (26kB)
[img] Text
Abstrak.docx

Download (16kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (29kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (55kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (87kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (433kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (21kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (22kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendah dan pentingnya kompetensi strategis, kemampuan komunikasi serta self-concept matematis siswa. Upaya untuk meningkatkan kompetensi strategis, kemampuan komunikasi serta self-concept matematis siswa SMK bisa dilakukan melalui penerapan strategi pembelajaran yang tepat, salah satu alternatifnya yaitu strategi Team-Based Learning. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari strategi Team-Based Learning terhadap peningkatan kompetensi strategis dan peningkatan kemampuan komunikasi matematis serta self-concept matematis siswa dan untuk mengetahui hubungan antara self-concept dengan kompetensi strategis dan hubungan antara self-concept dengan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan strategi Team-Based Learning dan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode Campuran (Mixed Methods) tipe Embedded Design dengan jenis Embedded Experimental Model. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen di kelas X RPL SMK Marhas Margahayu Kabupaten Bandung pada tahun pelajaran 2017/2018 dengan pengambian sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang dipilih adalah X RPL 1 sebagai kelas eksperimen dan X RPL 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes tertulis yaitu soal uraian berdasarkan indikator kompetensi strategis dan kemampuan komunikasi matematis, angket skala self-concept, lembar observasi dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa. Peningkatan kompetensi strategis matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan strategi team-based learning lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Dengan nilai Sig. adalah 0,000. Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan strategi team-based learning lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Dengan nilai Sig. adalah 0,000. Self-concept matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan strategi team-based learning dan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional berada pada kategori rendah. Dengan nilai signifikansi 0,376. Tetapi tidak terdapat hubungan antara self-concept dengan kompetensi strategis dan hubungan antara self-concept dengan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan strategi Team-Based Learning dan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Kata Kunci : Strategi team-based learning, kompetensi strategis matematis, kemampuan komunikasi matematis, self-concept matematis Format Sitasi : Hanipa, Siti.,

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2021
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 20 Nov 2021 04:39
Last Modified: 20 Nov 2021 04:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54315

Actions (login required)

View Item View Item