Peningkatan Keterampilan Menyampaikan Teks Berita dan Dampaknya pada Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Model Cooperatif Learning Tipe STAD

IRNI, NPM. 208090030 (2021) Peningkatan Keterampilan Menyampaikan Teks Berita dan Dampaknya pada Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Model Cooperatif Learning Tipe STAD. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Irni_MPBI copy.docx

Download (28kB)

Abstract

Model pembelajaran merupakan kerangka kerja yang memberikan gambaran sistematis untuk melaksanakan pembelajaran agae membantu belajar peserta didik dalam tujuan tertentu yang ingin dicapai. Model Cooperative Learning tipe STAD dapat memicu pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan siswa untuk belajar dan berkonsentrasi. Hal tersebut dapat digunakan untuk memberikan dampak terhadap peningkatan berpikir kreatif peserta didik dalam pembelajaran menyampaikan teks berita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model cooperative learning tipe STAD pada pembelajaran menyampaikan teks berita dan mengetahui dampak dari peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah mix methode (campuran). Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII SMP Negeri 3 Tegal Waru Purwakarta. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berupa lembar soal, lembar observasi dan angket skala sikap sebagai pendukung keterlaksanaan pembelajaran penerapan model Cooperative Learning tipe STAD dalam pembelajaran menyampaikan teks berita dan dampaknya terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Instrumen tersebut dikategorikan valid dan reliabel setealah dilakukan uji statistik. Perhitungan penelitian ini melalui uji rata-rata kelas pretest dan posttest, jumlah nilai kelas pretest dan posttest, mengetahui nilai maksimum dan minimum, dan menguji hipotesis dengan paired sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas peserta didik mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata pretest 30.48, dan rata-rata nilai posttest sebesar 79.68. Dampak terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik setelah penerapan model Cooperative Learning tipe STAD sesuai dengan hasil uji hipotesis gain yaitu nilai probabilitas atau sig (2-tailed) 0,00 < 0,05. Besarnya dampak terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif ditunjukkan oleh hasil uji hipotesis yang menyatakan adanya perbedaan data hasil pretest dan posttest sehingga, terdapat peningkatan pembelajaran dengan melihat rata-rata dari setiap kegiatan. Dengan demikian model Cooperative Learning tipe STAD dapat dijadikan alternatif media pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran menyampaikan teks berita. Kata Kunci: Cooperaif Learning tipe STAD,Berpikir Kreatif, Menyampaikan Teks Berita

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2021
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 20 Nov 2021 03:44
Last Modified: 20 Nov 2021 03:44
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54305

Actions (login required)

View Item View Item