PERAN KOMUNITAS KEAGAMAAN DALAM MENGEMBANGKAN CIVIC ENGAGEMENT PADA MASYARAKAT (Studi Deskriptif Komunitas Sant’Egidio Bandung)

Ginting, Tingki Br, 175010027 (2021) PERAN KOMUNITAS KEAGAMAAN DALAM MENGEMBANGKAN CIVIC ENGAGEMENT PADA MASYARAKAT (Studi Deskriptif Komunitas Sant’Egidio Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
JUDUL SKRIPSI TINGKI-dikonversi.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
pengesahan.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK TINGKI-dikonversi.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 TINGKI-dikonversi.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II TINGKI-dikonversi.pdf

Download (254kB) | Preview
[img] Text
BAB III TINGKI-dikonversi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] Text
BAB IV TINGKI-dikonversi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V TINGKI BR GINTING-dikonversi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA TINGKI-dikonversi.pdf

Download (153kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (i) Peran komunitas Sant’Egidio (KSE) Bandung dalam mengembangkan civic engagement di masyarakat; (ii) Kendala yang dihadapi KSE Bandung dalam pengembangan civic engagement di masyarakat; (iii) Upaya KSE Bandung mengatasi kendala-kendala yang dihadapi dalam mengembangkan civic engagement di masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif terhadap subjek penelitian yaitu: Penangung Jawab KSE Bandung, Anggota KSE Bandung dan Sahabat jalanan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (i) Civic engagement (keterlibatan warga negara) telah dikembangkan dimasyarakat melalui komunitas, salah satunya komunitas keagamaan yaitu komunitas Sant’Egidio (KSE) Bandung yang berperan sebagai wadah untuk mengembangkan civic engagement pada masyarakat guna membentuk karakter kewarganegaraan pada individu melalui pengalihan nilai-nilai dan pengetahuan yang dapat menyiapkan dan mendapatkan kehidupan yang sempurna dimasa yang akan datang. (ii) Kendala-kendala yang KSE hadapi adalah kurangnya komitmen dan adanya pencitraan dari anggota KSE, kurangnya sumber daya manusia yang ingin terlibat menjadi anggota KSE Bandung dan kurangnya respon penanggung jawab serta anggota KSE kepada calon anggota baru. (iii) Upaya yang dilakukan untuk menanggulangi kendala-kendala di KSE adalah, memberikan pembekalan rohani dan pembekalan untuk meningkatkan etos kerja anggota KSE dalam melakukan pelayanan sosial, mengajak teman sepermainan untuk bergabung dikomunitas dengan memperkenalkan kegiatankegiatan komunitas pada sahabat jalanan, memperkenalkan komunitas ke masyarakat luar, menanamkan sikap kepercayaan dan perasaan pribadi yang dimiliki oleh individu mengenai keterlibatan mereka di dalam komunitas dengan tujuan positif guna membuat perubahan di dalam komunitas. Kata Kunci : community civic, civic engagement, civic

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2021
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 19 Nov 2021 03:05
Last Modified: 19 Nov 2021 03:05
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54286

Actions (login required)

View Item View Item