PENGEMBANGAN WATER INJECTION SYSTEM PADA SEPEDA MOTOR BAKAR OTTO EMPAT LANGKAH (OPTIMASI PENERAPAN WATER INJECTION SYSTEM TERHADAP KINERJA ENGINE SEPEDA MOTOR)

Muhamad Noval, NPM : 188070003 (2021) PENGEMBANGAN WATER INJECTION SYSTEM PADA SEPEDA MOTOR BAKAR OTTO EMPAT LANGKAH (OPTIMASI PENERAPAN WATER INJECTION SYSTEM TERHADAP KINERJA ENGINE SEPEDA MOTOR). Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img]
Preview
Text
Artikel Muhamad Noval.pdf

Download (820kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) Menerapkan sistem injeksi air pada motor bakar motor empat tak, (2) Menguji performa injeksi air sistem pembakaran pada sepeda motor empat langkah, (3)Menentukan volume optimum dan waktu injeksi air yang diterapkan pada mesin pembakaran sepeda motor empat langkah. Penelitian dilakukan di Laboratorium Otomotif SMKN 1 Karawang, SMKN 1 Rawamerta, Dan Tim Balap Bintang. Sampel dalam penelitian ini adalah Honda CB100. Data yang diperoleh dari hasil pengujian dimasukkan ke dalam tabel dan ditampilkan dalam bentuk grafik untuk dianalisis. Analisis data menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: (1) Terjadi penurunan konsumsi bahan bakar pada mesin CB 100 dengan teknologi sistem injeksi air. (2) Ada peningkatan kekuatan, tetapi tidak ada peningkatan torsi pada mesin CB 100 dengan teknologi sistem injeksi air. (3) Ada penurunan temperatur pada mesin CB 100 dengan teknologi water injection system. (4) Dengan menggunakan teknologi sistem injeksi air pada mesin sepeda motor CB 100 dapat meningkatkan kinerja mesin pembakaran Kata kunci: injeksi air, performa, volume dan waktu optimum

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Teknik Mesin 2021
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 18 Nov 2021 03:40
Last Modified: 18 Nov 2021 03:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54278

Actions (login required)

View Item View Item