PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM-CENTERED LEARNING (PCL) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIK SISWA SMP

Fitriani, Gina and Darta, Darta (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM-CENTERED LEARNING (PCL) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIK SISWA SMP. JURNAL SYMMETRY, 1 (1). pp. 29-40. ISSN 2086-4817

[img]
Preview
Text
Jurnal Symmetry_Darta gina_12.pdf

Download (565kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Dalam pembelajaran matematika, kemampuan representasi merupakan salah satu kompetensi atau kemampuan dasar matematika yang harus dikuasai siswa selain pemahaman, penalaran dan proses matematika selain pemecahan masalah, komunikasi dan koneksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan representasi matematik siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran pendekatan Problem-Centered Learning (PCL) lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran konvensional, serta untuk mengetahui bagaimana sikap siswa terhadap pembelajaran melalui pendekatan ProblemCentered Learning (PCL) dalam pelajaran matematika, dan soal-soal representasi matematik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Berdasarkan hasil uji coba diperoleh hasil validitas yang diinterpretasikan sebagai soal yang validitasnya sedang; koefisien reabilitas instrumen diinterpretasikan sebagai soal yang reliabilitasnya tinggi; daya pembeda termasuk kriteria cukup baik; dan tingkat kesukaran berkisar antara soal sedang, dan soal sukar. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji rerata. Berdasarkan analisis data, bahwa kemampuan representasi matematik siswa yang memperoleh model pembelajaran melalui pendekatan Problem-Centered Learning (PCL) lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Dari angket yang diberikan pada kelas eksperimen, diperoleh informasi bahwa baik siswa memberikan sikap yang positif terhadap model pembelajaran melalui pendekatan Problem-Centered Learning (PCL). Kata kunci: Pembelajaran melalui pendekatan Problem-Centered Learning (PCL).

Item Type: Article
Subjects: JOURNAL
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2021
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 16 Nov 2021 04:24
Last Modified: 16 Nov 2021 04:24
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54245

Actions (login required)

View Item View Item