PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP RASA INGIN TAHU DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian Tindakan Kelas siswa kelas IV SDN 054 Tikukur Bandung)

DESMAYANTI, DESMAYANTI (2021) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP RASA INGIN TAHU DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian Tindakan Kelas siswa kelas IV SDN 054 Tikukur Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstrak.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Abstract.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Abstract Sunda.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB I.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB II.pdf

Download (977kB) | Preview
[img] Text
13. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (417kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (595kB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img]
Preview
Text
16. Daftar Pustaka.pdf

Download (235kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan sikap rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 054 Tikukur Bandung pada subtema kebersamaan dalam keberagaman. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) jenis kolaborasi. Peneliti bekerja sama dengan guru kelas. Peneliti sebagai guru yang melaksanakan kegiatan pembelajaran sedangkan guru kelas IV sebagai observer. PTK ini terdiri dari dua siklus, siklus I sampai dengan siklus II dilakukan dalam enam kali pertemuan. Kreteria keberhasilan penelitian ini terbagi kedalam dua jenis, yaitu keberhasilan proses dan keberhasilan hasil. Keberhasilan proses yaitu jika perencanaan pembelajaran (RPP) dan pelaksanaan pembelajaran mencapai persentase 85%. Sedangkan keberhasilan hasil yaitu jika aktifitas belajar siswa keseluruhan siswa yang meliputi kognitif, afektif dan psikomotor mencapa ipersentase 85% dari jumlah siswa kelas IV yang mencapai kreteria Ketuntasan Minimal (KKM= 75). Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menerapkan model discovery learning pada subtema kebersamaan dalam keberagaman dapat menumbuhkan sikap rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa di kelas IV. Hal ini ditunjukan dengan hasil aktifitas belajar siswa dan hasil afektif pembelajaran pada setiap siklusnya. Peningkatan hasil aktifitas belajar siswa dan hasil belajar secara keseluruhan adalah sebagai berikut: RPP siklus I sebesar 77,41, 80,64%, dan 83, 87% dengan rata – rata 80,32%. Pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 83,87%, 87,09%, dan 93,54% dengan rata – rata 88,17%. Berdasarkan analisis data tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning pada subtema kebersamaan dalam keberagaman dapat menumbuhkan sikap rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa di kelas IV SDN 054 Tikukur Bandung. Kata kunci:discovery learning, sikap rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 13 Nov 2021 03:41
Last Modified: 13 Nov 2021 03:41
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54218

Actions (login required)

View Item View Item