DESMAYANTI, DESMAYANTI (2021) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP RASA INGIN TAHU DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian Tindakan Kelas siswa kelas IV SDN 054 Tikukur Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
2. Pengesahan.pdf Download (361kB) | Preview |
|
|
Text
7. Abstrak.pdf Download (174kB) | Preview |
|
|
Text
8. Abstract.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
9. Abstract Sunda.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB I.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB II.pdf Download (977kB) | Preview |
|
Text
13. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (417kB) |
||
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (595kB) |
||
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (183kB) |
||
|
Text
16. Daftar Pustaka.pdf Download (235kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan sikap rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 054 Tikukur Bandung pada subtema kebersamaan dalam keberagaman. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) jenis kolaborasi. Peneliti bekerja sama dengan guru kelas. Peneliti sebagai guru yang melaksanakan kegiatan pembelajaran sedangkan guru kelas IV sebagai observer. PTK ini terdiri dari dua siklus, siklus I sampai dengan siklus II dilakukan dalam enam kali pertemuan. Kreteria keberhasilan penelitian ini terbagi kedalam dua jenis, yaitu keberhasilan proses dan keberhasilan hasil. Keberhasilan proses yaitu jika perencanaan pembelajaran (RPP) dan pelaksanaan pembelajaran mencapai persentase 85%. Sedangkan keberhasilan hasil yaitu jika aktifitas belajar siswa keseluruhan siswa yang meliputi kognitif, afektif dan psikomotor mencapa ipersentase 85% dari jumlah siswa kelas IV yang mencapai kreteria Ketuntasan Minimal (KKM= 75). Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menerapkan model discovery learning pada subtema kebersamaan dalam keberagaman dapat menumbuhkan sikap rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa di kelas IV. Hal ini ditunjukan dengan hasil aktifitas belajar siswa dan hasil afektif pembelajaran pada setiap siklusnya. Peningkatan hasil aktifitas belajar siswa dan hasil belajar secara keseluruhan adalah sebagai berikut: RPP siklus I sebesar 77,41, 80,64%, dan 83, 87% dengan rata – rata 80,32%. Pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 83,87%, 87,09%, dan 93,54% dengan rata – rata 88,17%. Berdasarkan analisis data tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning pada subtema kebersamaan dalam keberagaman dapat menumbuhkan sikap rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa di kelas IV SDN 054 Tikukur Bandung. Kata kunci:discovery learning, sikap rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 13 Nov 2021 03:41 |
Last Modified: | 13 Nov 2021 03:41 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54218 |
Actions (login required)
View Item |