UPAYA PENINGKATAN MUSIKAL PADA ALAT MUSIK UKULELE BAGI SISWA KELAS V DI SDN 1 CIKEUSI SUMEDANG MUHAMAD RIDWAN NUGRAHA 086040007.Ahmad Hidayat dan R. Yeni D. Cahyani

Muhamad Ridwan Nugraha, and Ahmad Hidayat, and R.Yeni D.Cahyani, (2015) UPAYA PENINGKATAN MUSIKAL PADA ALAT MUSIK UKULELE BAGI SISWA KELAS V DI SDN 1 CIKEUSI SUMEDANG MUHAMAD RIDWAN NUGRAHA 086040007.Ahmad Hidayat dan R. Yeni D. Cahyani. Skripsi(S1) thesis, Seni Musik.

[img] Text
Daftar isi Bab I II III IV V Final edit 16032016.docx

Download (6MB)
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/cgi/users/home?scree...

Abstract

Pendidikan kesenian merupakan salah satu faktor penentu dalam membentuk kepribadian. Media yang dapat menarik perhatian dibutuhkan untuk mencegah kebosanan dan penurunan minat siswa sekolah dasar dalam mempelajari kesenian. Media yang digunakan juga harus sesuai dengan profil tubuh yang kecil dan pemikiran yang sederhana. Ukulele adalah media pembelajaran yang tepat karena bentuk alat yang proporsional dan penggunaan akord yang sederhana. Penelitian ini mengkaji proses pembelajaran ekstrakurikuler ukulele pada siswa kelas V SDN 1 Cikeusi Sumedang. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif dan PTK. Metode pembelajaran berbasis teori Bandura dan Suzuki yang digunakan adalah metode ceramah, demonstrasi, latihan (drill), dan imitasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran ekstrakurikuler ukulele sudah sesuai dengan output yang diharapkan, yaitu mampu memainkan alat musik ukulele dalam memainkan akord untuk mengiringi lagu maupun memainkan tangga nada tonalitas C mayor yang menjadi dasar untuk memainkan melodi. Hal ini terbukti dari kemajuan penguasaan kunci dan lagu yang ditunjukkan siswa selama proses pembelajaran dan latihan serta keberhasilan pertunjukkan ukulele pada acara perpisahan kelas VI. Kendala yang terjadi dalam proses pembelajaran adalah ketidaktepatan tempo, kurangnya antusiasme awal, dan kesulitan memainkan kunci dan progresi akord. Solusi yang dilakukan untuk ketidaktepatan tempo adalah dengan bantuan tepuk tangan untuk mengiringi ketukan. Kurangnya antusisme awal diatasi dengan penggunaan lagu populer dalam pembelajaran ukulele. Kesulitan memainkan kunci dan progresi akord diatasi dengan penggunaan posisi penjarian yang nyaman bagi siswa, adanya media tepuk tangan yang mengiringi kunci dan progresi, dan pengubahan empat ketukan menjadi delapan ketukan untuk setiap nada kemudian pembiasaan pemindahan akord pada ketukan kedelapan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Seni dan Sastra > Seni Musik 2015
Depositing User: oman rohman
Date Deposited: 18 Mar 2016 01:38
Last Modified: 18 Mar 2016 01:38
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/542

Actions (login required)

View Item View Item