IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL MELALUI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENCEGAH BERKEMBANGNYA PAHAM RADIKALISME DI KALANGAN PESERTA DIDIK

Dadang, Mulyana and Cahyono and Lili, Sukarliana and Eri, Munggaran (2021) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL MELALUI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENCEGAH BERKEMBANGNYA PAHAM RADIKALISME DI KALANGAN PESERTA DIDIK. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 4 (1). pp. 33-40. ISSN 2580-0086

[img]
Preview
Text
Implementasi Pendidikan Multikultural Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam Mencegah Berkembangnya Paham Radikalisme Di Kalangan Peserta Didik.pdf

Download (226kB) | Preview
Official URL: http:/journal.unpas.ac.id/index.php/civicodu/artic...

Abstract

Penelitian ini di lakukan oleh peneliti untuk menetahui seberapa pentingkah implementasi pendidikan multikultural dalam mencegah berkembangnya paham radikalisme dikalangan peserta didik melalui mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Sebagai dampak dari berkembanya paham radikalisme membuat kurangnya rasa toleransi terhadap sesama yang mengakibatkan lunturnya rasa persatuan dan kesatuan diantara peserta didik. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode studi kasus, dengan menggunakan pendekaatan kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan ialah melalui wawancara dan studi literatur. Subjek dalam penelitian ini ialah seluruh peserta didik di SMK Pasundan 4 Kota Bandung. Responden dalam penelitian ini ialah perwakilan peserta didik kelas XI sebanyak 11 orang. Melalui kegitan wawancara dengan guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan perwakilan peserta didik. Hasilnya diketahui bahwa proses pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dengan mengimplementasikan pendidikan multikultural membuat kegiatan pembelajaran menjadi lebih aktif sehingga dapat menanamkan nilai-nilai keberagaman atau multikultural dan mencegah peserta didik dari dampak radikalisme seperti tindakan intoleransi dikalangan peserta didik. Sehingga dapat kita simpulkan bahwa implementasi pendidikan multikultural berdampak terhadap pencegahan berkembangnya paham radikalisme dikalangan peserta didik melalui mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan. Kata Kunci: Pendidikan Multikultural, Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Dampak Paham Radikalisme

Item Type: Article
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2021
Depositing User: Kosim Ganda Rukmana
Date Deposited: 11 Nov 2021 02:21
Last Modified: 11 Nov 2021 02:21
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54176

Actions (login required)

View Item View Item