USULAN PENERAPAN SISTEM MOLD TRACKING MENGGUNAKAN METODE KANBAN PADA MOLDSHOP (STUDI KASUS: PT. FENG TAY INDONESIA ENTERPRISES)

SINABUTAR YOHANES ADOLF GUSMORIES, Alumni (2021) USULAN PENERAPAN SISTEM MOLD TRACKING MENGGUNAKAN METODE KANBAN PADA MOLDSHOP (STUDI KASUS: PT. FENG TAY INDONESIA ENTERPRISES). Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan.

[img]
Preview
Text
Sinabutar Yohanes_193010188_Teknik Industri.pdf

Download (179kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

PT Feng Tay Indonesia Enterprises merupakan salah satu perusahaan multinasional yang bergerak di bidang produksi sepatu. Terdapat dua komponen utama sepatu, yaitu upper (bagian atas) dan sole (bagian bawah). Fluktuasi permintaan customer menjadi salah satu faktor kesulitan dalam perencanaan produksi, khususnya pembuatan sole. Proses manufaktur di dalamnya terdapat moldshop yang memproduksi cetakan sole sebagai tooling penunjang produksi sepatu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa sistem mold tracking pada moldshop di PT Feng Tay Indonesia Enterprises sehingga dapat mengatasi terjadinya kesalahan produksi akibat kurang tersampaikannya informasi dari pihak manajemen kepada operator. Penelitian ini menggunakan metode kanban dalam sistem mold tracking, sebuah metode yang dapat memberikan informasi terperinci dari setiap mold yang akan diproduksi. Sehingga pihak lapangan dapat mengetahui rencana produksi yang ditetapkan pihak manajemen. Rancangan desain kanban disesuaikan dengan keaadaan produksi di moldshop. Karena itu, maka diharapkan informasi dari manajemen dapat tersampaikan secara transparan dan jelas, sehingga aktivitas produksi sepatu antara sole dan upper dapat menyesuaikan permintaan customer. Kata Kunci : Mold tracking, Kanban, Desain Kanban.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2021
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 10 Nov 2021 07:39
Last Modified: 10 Nov 2021 07:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54173

Actions (login required)

View Item View Item