PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PENURUNAN DAN PENCEGAHAN STUNITNG DI KOTA BANDUNG MELALUI KADER PEMBANGUNAN MANUSIA (KPM)

Amelia Dwi Rianasari, NPM : 198020029 (2021) PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PENURUNAN DAN PENCEGAHAN STUNITNG DI KOTA BANDUNG MELALUI KADER PEMBANGUNAN MANUSIA (KPM). Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
Artikel Amelia Dwi Rianasari.docx

Download (24kB)

Abstract

Stunting merupakan program strategi nasional yang dilaksanakan di Kota Bandung dengan yang dikenal dengan aksi Percepatan dan Penurunan Stunting Kota Bandung. Dalam melaksanakan aksi dimaksud, Kota Bandung melaksanakan 8 Aksi Konvergensi/ Integrasi penurunan Stunting dimulai dengan analisis situasi hingga reviu kinerja tahunan. Kota Bandung membentuk SOTK satuan tugas Penurunan dan Pencegahan Stunting di Kota Bandung yang diketuai oleh Sekretaris Daerah Kota Bandung dan beranggotakan Organisasi Perangkat Daerah Pemerintah Kota Bandung. DP3APM sebagai salah satu Organisasi Perangkat Daerah di Kota Bandung memegang peran sebagai Ketua Pokja Pemberdayaan Masyarakat yang melaksanakan Aksi 4 yaitu Perwal tentang Peran Kelurahan dan 5 yaitu Pembinaan Kader Pembangunan Manusia. Kader Pembangunan Manusia berfungsi untuk membantu desa dalam memfasilitasi pelaskanaan integrasi intervensi penurunan stunting di tingkat desa. KPM dibentuk pada tahun 2020 sehingga sangat perlu dilaksanakan pengembangan SDM pada KPM. Dengan Pengembangan SDM pada KPM diharapkan Percepatan dan Penurunan Stunting di Kota Bandung berhasil. Ini merupakan tugas dan tanggung jawab DP3APM sebagai Pokja Pemberdayaan Masyarakat dalam Pengembangan SDM pada KPM. Penulis menggunakan konsep deskriptif kualitatif dengan pendekatan induktif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi di lapangan dan wawancara semi terstruktur pada DP3APM. Penulis menemukan bahwa DP3APM telah melakukan upaya yang sangat baik dalam Pengembangan SDM pada KPM. Kata Kunci: Stunting, Kader Pembangunan Manusia, Pengembangan SDM.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2021
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 06 Nov 2021 06:51
Last Modified: 06 Nov 2021 06:51
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53702

Actions (login required)

View Item View Item