PENILAIAN KINERJA PENYELENGGARA DIKLATPIM IV PADA BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA KABUPATEN SUBANG

DESY AGUSTIANI, NPM : 168010015 (2021) PENILAIAN KINERJA PENYELENGGARA DIKLATPIM IV PADA BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA KABUPATEN SUBANG. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
1. COVER.docx

Download (82kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.docx

Download (20kB)
[img] Text
7. BAB 1.docx

Download (39kB)
[img] Text
8. BAB 2.docx

Download (73kB)
[img] Text
9. BAB 3 .docx
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] Text
10. BAB 4.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
11. BAB 5.docx
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] Text
daftar pustaka.docx

Download (36kB)

Abstract

Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Subang adalah institusi penyelenggara Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV (Diklatpim IV). Diklatpim IV adalah diklat yang diselenggarakan untuk pejabat atau calon pejabat eselon IV dengan tujuan untuk mencapai persyaratan kompetensi yang dibutuhkan pada jabatan eselon IV. Dalam pelaksanaan penyelenggaraannya dibutuhkan kinerja penyelenggara yang tinggi untuk menunjang pelaksanaan tugas. Beberapa masalah terkait kinerja penyelenggara Diklatpim IV adalah tidak memiliki pegawai yang berkompeten pada bidangnya, belum memiliki sarana dan prasarana pendukung kegiatan Diklat, pola penyelenggaraan Diklatpim IV belum berdasarkan hasil analisa, kurang efisien dalam menggunakan anggaran yang ada, tidak akuat dalam mengirimkan peserta Diklat ke lembaga pemerintah yang vertikal, kurang teliti dalam menyusun biaya Diklatpim IV. Berkenaan hal di atas, peneliti mengambil judul penelitian Penilaian Kinerja Penyelenggara Diklatpim IV pada BKPSDM Kabupaten Subang. Dalam penelitian ini didasarkan pada teori mengenai penilaian kinerja dilihat dengan teori Dessler. Teori Desler terbagi menjadi 6 indikator yaitu Kualitas, Produktivitas, Pengetahuan Kerja, Reliabilitas, Ketersediaan, dan Kebebasan. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dengan tujuan agar peneliti dapat menggambarkan fenomena dan fakta yang terjadi dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: Pertama, Penyelenggara Diklatpim IV Kabupaten Subang masih ditemui antara lain kualitas, produktivitas, pengetahuan kerja, reliabilitas, ketersediaan, dan kebebasaan dalam bekerja yang belum baik. Kedua, terdapat faktor pendukung dalam penyelenggaraan Diklatpim IV yaitu kualitas penampilan kerja yang baik, keterampilan praktik dan teknis yang baik, melayani peserta Diklat dan tenaga pengajar dengan baik, serta atasan memberikan kebebasan pada bawahan dalam bekerja. Namun selain faktor pendukung terdapat juga faktor penghambat yaitu; tidak akurat mengirimkan peserta ke lembaga diklat kepolisian, sumber daya anggaran maupun aparatur yang kurang, informasi yang dimiliki penyelenggara masih kurang, lambatnya penyelesaian tugas pembayaran kepada pihak ke III, kehadiran penyelenggara yang belum baik, waktu istirahat yang kurang memadai, serta tekanan dalam menyusun nama-nama calon peserta Diklatpim IV.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Administrasi dan Kebijakan Publik 2021
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 06 Nov 2021 04:02
Last Modified: 06 Nov 2021 04:02
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53698

Actions (login required)

View Item View Item