ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP MELALUI MODEL PROBLEM-BASED LEARNING

MAULIDA, RAFINA, 175050027 (2021) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP MELALUI MODEL PROBLEM-BASED LEARNING. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT BAHASA INGGRIS.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BASA SUNDA.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (749kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (554kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (525kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (511kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP, dan salah satu aspek afektif yakni self-efficacy yang harus dimiliki oleh siswa saat proses pembelajaran matematika. Salah satu model pembelajaran yang dapat mengembangkan dan memfasilitasi untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa adalah model problem-based learning. Hal ini disebabkan karena model problem-based learning berorientasi terhadap masalah nyata dalam kehidupan sehari-hari untuk diselesaikan oleh siswa dalam pengembangan keterampilan berpikir, keterampilan menyelesaikan masalah, keterampilan sosial, keterampilan untuk belajar mandiri, dan membangun atau memperoleh pengetahuan baru. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP dalam implementasi model problem based-learning; menganalisis self-efficacy siswa SMP dalam implementasi model problem-based learning; dan menganalisis efektivitas model problem-based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kepustakaan (library research). Pengumpulan data dilakukan dengan cara menghimpun literatur yang berkaitan dengan variable penelitian sebanyak 35 artikel kemudian diklasifikasikan dan dianalisis. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut. 1) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP yang memperoleh pembelajaran dengan model problem-based learning lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. 2) Self-Efficacy siswa SMP yang memperoleh pembelajaran dengan model problem-based learning lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. 3) Model problembased learning terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Self-Efficacy, Model

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2021
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 04 Nov 2021 07:17
Last Modified: 04 Nov 2021 07:17
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53662

Actions (login required)

View Item View Item