ANALISIS PENGARUH INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA, TINGKAT PARTISIPASI ANGKATAN KERJA, DAN INFLASI TERHADAP KEMISKINAN DI JAWA BARAT PERIODE 2014-2019

Nadila Atsari Nugraha, NRP: 174030027 and Prof. Dr.H. Horas Djulius, SE, Pembimbing (2021) ANALISIS PENGARUH INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA, TINGKAT PARTISIPASI ANGKATAN KERJA, DAN INFLASI TERHADAP KEMISKINAN DI JAWA BARAT PERIODE 2014-2019. Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan bandung.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstract.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 Pendahuluan.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 Kajian Pustaka, Kerangka Pemikiran, dan Hipotesis.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3 Metodologi Penelitian.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (119kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Jawa barat merupakan provinsi yang memiliki peranan besar dalam menggerakkan perekonomian Pulau Jawa maupun Indonesia. Kemiskinan merupakan salah satu permasalahan ekonomi yang dapat menghambat tujuan pembangunan nasional. Sebagai provinsi yang berpotensi mengembangkan perekonomian Indonesia, tingkat kemiskinan di Jawa Barat terbilang masih cukup tinggi, yakni 13,73% (tahun 2019). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh indeks pembangunan manusia, tingkat partisipasi angkatan kerja, dan inflasi terhadap tingkat kemiskinan di Jawa Barat periode 2014-2019. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif, yang menggunakan data panel yakni iii gabungan data time series dan cross section. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan software Eviews 10 untuk mempermudah perhitungan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menyatakan bahwa secara parsial variabel IPM dan TPAK berpengaruh negatif signifikan terhadap tingkat kemiskinan, dan variabel inflasi berpengaruh positif signifikan terhadap tingkat kemiskinan. Berdasarkan uji F, seluruh variabel secara bersama-sama juga berpengaruh signifikan terhadap tingkat kemiskinan. Nilai koefisien determinasi dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kontribusi pengaruh variabel IPM, TPAK, dan inflasi ialah sebesar 93,9%, sedangkan 6,1% sisanya dipengaruhi oleh variabel di luar penelitian ini. Kata kunci: indeks pembangunan manusia, tingkat partisipasi angkatan kerja, inflasi, tingkat kemiskinan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Studi Pembangunan 2017
Depositing User: Mr Farid -
Date Deposited: 04 Nov 2021 03:47
Last Modified: 04 Nov 2021 03:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53639

Actions (login required)

View Item View Item