TEKNIK MELATIH ANJING UNTUK BERBURU DI CIKALONGWETAN BANDUNG BARAT DALAM FILM DOKUMENTER EXPOSITORI MELALUI BIDANG PENYUTRADARAAN. FAJRI RIZVALDI BASKARA : 166020033

FAJRI RIZVALDI BASKARA, Ir. Drs. Heru Budiantoro, M.M (2021) TEKNIK MELATIH ANJING UNTUK BERBURU DI CIKALONGWETAN BANDUNG BARAT DALAM FILM DOKUMENTER EXPOSITORI MELALUI BIDANG PENYUTRADARAAN. FAJRI RIZVALDI BASKARA : 166020033. Skripsi(S1) thesis, Fotografi & Film.

[img] Text
FAJRI RIZVALDI BASKARA SUTRADARA 166020033 (FINAL).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/cgi/users/home?scree...

Abstract

Berburu hewan merupakan kegiatan yang sudah dikenal manusia sejak manusia belum mengenal bercocok tanam untuk memenuhi kebutuhan makanan mereka, dan bahkan hingga masa modern. Beragam teknik berburu seperti penggunaan tombak, panah, senapan, jebakan dan melibatkan hewan seperti anjing untuk melakukan perburuan sebagai pelacak untuk menemukan hewan buruan yang diincar. Melalui beberapa tahapan, anjing yang digunakan untuk berburupun harus dilatih terlebih dahulu sebelum siap berburu. Seperti latihan perintah dasar untuk mengetahui siapa majikannya dan patuh terhadap segala perintah si majikan, melatih ketajaman penciumannya, pengenalan terhadap hewan incaran atau buruan, membiarakan anjing yang dilatih belajar dari anjing pemburu lain. Film dokumenter ini sebagai gambaran bahwa di masa modern perburuan masih dilakukan bahkan untuk alasan pelestarian budaya. Peneliti menggunakan metodologi penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan metode pengumpulan data yang dilakukan dengan melakukan wawancara, observasi dan studi pustaka. Peneliti memilih gaya bertutur dokumenter ekspositori dalam film dokumenter ini karena wawancara menjadi penutur utama dan diperkuat dengan potongan-potongan gambar untuk memperkuat informasi yang disampaikan. Juga penggunaan gambaran dasar atau bahan dasar yang biasanya tidak dipakai dalam sebuah penelitian film dokumenter seperti storyboard, storyline, shotlist dan floorplan untuk mendukung konsep awal judul yang diangkat. Diharapkan penelitian ini menjadi dasar untuk melakukan penelitian selanjutnya dan bermanfaat untuk pengembangan di bidang ilmu fotografi dan film khususnya. Kata Kunci : Teknik Melatih Anjing, Berburu, Budaya, Film Dokumenter.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Seni dan Sastra > Fotografi dan Film 2020
Depositing User: oman rohman
Date Deposited: 04 Nov 2021 03:24
Last Modified: 04 Nov 2021 03:24
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53634

Actions (login required)

View Item View Item