FILM DOKUMENTER UPAYA ABAH ENJOEM MELESTARIKAN SENI REAK DI CIBIRU DALAM BIDANG PENYUTRADARAAN. Rizki Mulyana Pamungkas: 166020025

Rizki Mulyana Pamungkas, Ir. Drs. Heru Budiantoro, M.M. (2021) FILM DOKUMENTER UPAYA ABAH ENJOEM MELESTARIKAN SENI REAK DI CIBIRU DALAM BIDANG PENYUTRADARAAN. Rizki Mulyana Pamungkas: 166020025. Skripsi(S1) thesis, Fotografi & Film.

[img] Text
1 TA RIZKI MULYANA PAMUNGKAS SUTRADARA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/cgi/users/home?scree...

Abstract

Kesenian Reak merupakan salah satu jenis kesenian helaran yang memadukan beberapa jenis kesenian tradisional lainnya seperti: seni reog, seni angklung, seni gendang pencak, seni tari dan seni topeng. Kesenian ini biasanya selalu dimainkan oleh orang-orang tua atau orang dewasa. Penggunaan kata Reak sebagai nama bagi kesenian ini memang banyak penjelasannya. Sebagian mengatakan bahwa Reak berasal dari kata Reog, mirip dengan nama bagi kesenian dari Jawa Timur, terutama Reog Ponorogo. Sebagian masyarakat menyatakan bahwa Reak berasal dari kata leak, yakni salah satu simbol kekuatan jahat dalam tradisi Hindu-Bali. Sebagai narasumber dalam penelitian ini, Enjang Dimyati atau lebih dikenal dengan nama Abah Enjoem adalah salah satu pelaku seni yang memiliki perhatian lebih terhadap seni reak, yang dipercaya merupakan tradisi peninggalan leluhur. Beliau juga merupakan pendiri Sanggar Seni Tibelat di daerah Cibiru sekaligus Komite Tradisi Dewan Kesenian Kota Bandung. Tujuan pengkaryaan ini untuk memberikan pengetahuan dan informasi kepada khalayak bahwa Kesenian Reak ini patut di apresiasi keberadaannya. Fenomena ini diceritakan dan divisualisasikan dalam sebuah media melalui film dokumenter yang bergenre ekspositori. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan studi literatur, wawancara, dan observasi. Pembuatan karya film dokumenter ini melalui beberapa tahapan hingga karya ini utuh yaitu: pra produksi, produksi, hingga pasca produksi. Dari hasil penelitian ini dapat memvisualkan upaya Abah Enjoem memperkenalkan Seni Reaknya dengan teori penyutradaraan pada film dokumenter, agar bisa disejajarkan dengan kesenian lainnya yang ada di Jawa Barat, dan diakui keberadaannya oleh khalayak bahwa kesenian ini ada. Kata Kunci : Seni Reak, Abah Enjoem, kesenian, budaya, film dokumenter, ekspositori, sutradara.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Seni dan Sastra > Fotografi dan Film 2020
Depositing User: oman rohman
Date Deposited: 04 Nov 2021 03:08
Last Modified: 04 Nov 2021 03:08
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53628

Actions (login required)

View Item View Item