PENGEMBANGAN BISNIS BUMDES PANYOCOKAN DENGAN METODE BUSINESS MODEL CANVAS ( STUDI KASUS: BADAN USAHA MILIK DESA PANYOCOKAN CIWIDEY KABUPATEN BANDUNG )

FAHLAN HUZAENI, Alumni (2021) PENGEMBANGAN BISNIS BUMDES PANYOCOKAN DENGAN METODE BUSINESS MODEL CANVAS ( STUDI KASUS: BADAN USAHA MILIK DESA PANYOCOKAN CIWIDEY KABUPATEN BANDUNG ). Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan.

[img]
Preview
Text
Fahlan Huzaeni_173010075_Teknik Industri.pdf

Download (813kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

PENGEMBANGAN BISNIS BUMDES PANYOCOKAN DENGAN METODE BUSINESS MODEL CANVAS. Pertumbuhan ekonomi akhir-akhir ini sangat cepat dan masif, terutama dengan kemajuan teknologi dan bermacam-macam inovasi yang sudah terjadi. Persaingan bisnis harus dihadapi oleh setiap pelaku usaha masa kini. Di Desa Panyocokan, Ciwidey, Jawa Barat, terdapat sebuah usaha kerjasama antara masyarakat dan pemerintah daerah yang bernama Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Panyocokan. Penerapan analisis metode Business Model Canvas pada BUMDes akan mempetakan kondisi, posisi, dan peningkatan yang bisa diterapkan oleh BUMDes agar bisa lebih maju kedepannya. Pengumpulan data didapatkan dari observasi lapangan dan wawancara langsung dengan Direktur BUMDes Panyocokan. Data tersebut dimasukkan kedalam blok kanvas yang diantaranya customer segmentations, value propositions, channels, customer relationships, revenue streams, key resources, key partners, key activities, dan cost structure. Dengan meninjau 9 blok kanvas tersebut, menciptakan sebuah kerangka berfikir untuk karyawan BUMDes dan para pihak terkait untuk melihat posisi dan kondisi BUMDes pada saat ini serta masa yang akan datang. Hasil akhir penelitian berupa rekomendasi bagi BUMDes panyocokan dalam menjalankan bisnisnya lebih baik lagi. Kata kunci: Pengembangan Bisnis, Business Model Canvas, Badan Usaha Milik Desa, BUMDes.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2021
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 03 Nov 2021 06:52
Last Modified: 03 Nov 2021 06:52
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53586

Actions (login required)

View Item View Item