ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS UNTUK MEMINIMASI KECACATAN PADA PRODUK KNALPOT ALL TYPE DENGAN MENGGUNAKAN METODE SEVEN TOOLS (STUDI KASUS : PT SANDY GLOBALINDO)

DWI ANGGRAENI, Alumni (2021) ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS UNTUK MEMINIMASI KECACATAN PADA PRODUK KNALPOT ALL TYPE DENGAN MENGGUNAKAN METODE SEVEN TOOLS (STUDI KASUS : PT SANDY GLOBALINDO). Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan.

[img]
Preview
Text
Dwi Anggraeni_173010049_Teknik Industri.pdf

Download (221kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Kualitas merupakan karakteristik dari suatu produk yang akan mempengaruhi keseluruhan aspek dalam produksi serta akan berpengaruh dalam menentukan kepuasan pelanggan. Pengendalian kualitas merupakan cara atau langkah yang dapat digunakan untuk tetap memastikan bahwa produk yang dihasilkan telah sesuai dengan standar kualitas yang ada. PT Sandy Globalindo merupakan perusahaan yang bergerak dibidang spare part motor racing. Salah satu produk yang dihasilkannya adalah knalpot all type. Selama proses produksinya ditemukan hasil produk yang dibuat tidak sesuai dengan standar kualitas yang diterapkan oleh perusahaan. Pengendalian kualitas dengan menggunakan metode seven tools dilakukan untuk menurunkan jumlah kecacatan produk yang dihasilkan, Dengan menggunakan perhitungan metode seven tools ditemukan bahwa kecacatan terbesar yang ditemukan dalam produk knalpot all type adalah cacat bending dengan nilai proporsi kecacatan sebesar 75% dan kecacatan lainnya yaitu bocor serta cat rusak. Selanjutnya setelah mengetahui kecacatan yang dominan ialah bending gagal maka dilakukan analisis dengan metode seven tools. Kemudian dilakukan analisis kapabilitas proses untuk mengetahui kemampuan proses dalam menghasilkan produk yang sesuai dengan standar kualitas yang diterapkan. Setelah itu melakukan analisis untuk mengetahui faktor penyebab dominan yang menyebabkan kegagalan bending terjadi dengan melakukan analisis 5W+1H. berdasarkan hasil analisis 5W+1H tersebut dibuat usulan perbaikan yang berguna untuk menurunkan angka kecacatan produk knalpot all type bagi perusahaan dimasa yang akan datang Kata Kunci : Pengendalian Kualitas, Knalpot All Type, Seven Tools, Kapabilitas Proses, Analisis 5W+1H

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2021
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 03 Nov 2021 03:34
Last Modified: 03 Nov 2021 03:34
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53577

Actions (login required)

View Item View Item