PENENTUAN RUTE DISTRIBUSI PRODUK DENGAN PENERAPAN VEHICLE ROUTING PROBLEM ALGORITMA TABU SEARCH (STUDI KASUS : PERUSAHAAN DI KAWASAN INDUSTRI JABABEKA)

PUSPITA HANIF, Alumni (2021) PENENTUAN RUTE DISTRIBUSI PRODUK DENGAN PENERAPAN VEHICLE ROUTING PROBLEM ALGORITMA TABU SEARCH (STUDI KASUS : PERUSAHAAN DI KAWASAN INDUSTRI JABABEKA). Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan.

[img]
Preview
Text
PUSPITA HANIF_143010164_TEKNIK INDUSTRI.pdf

Download (322kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Dunia perindustrian tidak lepas dari pentingnya sistem logistik. Pendistribusian pengiriman barang yakni produk cat di perusahaan PT. Trikarsa Mitra Utama menuju beberapa konsumen merupakan permasalahan yang harus diperhatikan. Melihat biaya transportasi merupakan hal yang berpengaruh besar di suatu perusahaan maka diperlukan suatu usaha untuk dapat meningkatkan efisiensi biaya transportasi dengan membuat rencana rute distribusi yang akan dilalui untuk mengantarkan produk dari depot atau sumber sampai ke konsumen dengan menggunakan VRP (Vehicle Routing Problem). Penyelesaian pada penelitian ini menggunakan algoritma Tabu Search, dimana terlebih dahulu memerlukan adanya solusi awal. Solusi awal yang digunakan adalah metode Clarke and Wright Savings dimana penyelesaian metode ini dilakukan pada penelitian sebelumnya. Kemudian dari solusi awal inilah dapat dilakukan perbaikan lebih lanjut menggunakan algoritma Tabu Search. Proses perhitungan dilakukan secara manual dan menggunakan MATLAB. Hasil pengolahan data menggunakan algoritma Tabu Search yaitu rute yang dihasilkan sebanyak 3 rute. Pada rute pertama tidak terjadi perubahan yang memiliki jarak 66,9 km. Pada rute kedua yang dihasilkan memiliki jarak 111,8 km dimana terjadi penurunan sebesar 2,2 km atau memberikan pengehematan sebesar 0,72% dan untuk rute ketiga tidak terjadi perubahan rute dengan jarak 123,9 km. Berdasarkan rute baru yang diperoleh, maka selanjutnya dihitung biaya pengirimannya terkait dengan biaya trasnportasi yang digunakan serta biaya dari jalan tol yang dilalui yaitu sebesar Rp. 744.881,- dalam satu hari pengiriman. Kata Kunci: Pengiriman Barang, Vehicle Routing Problem (VRP), Algoritma Tabu Search.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2001
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 03 Nov 2021 03:24
Last Modified: 03 Nov 2021 03:24
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53573

Actions (login required)

View Item View Item