PENGARUH PERBANDINGAN JAMUR DENGAN DAUN KELOR (Moringa oleifera) DAN WAKTU PENGUKUSAN TERHADAP KARAKTERISTIK NUGGET “JALOR”

Windiyanti Dwiningrum, Alumni (2021) PENGARUH PERBANDINGAN JAMUR DENGAN DAUN KELOR (Moringa oleifera) DAN WAKTU PENGUKUSAN TERHADAP KARAKTERISTIK NUGGET “JALOR”. Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan.

[img]
Preview
Text
WINDIYANTI DWININGRUM_163020002_TEKNOLOGI PANGAN.pdf

Download (679kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perbandingan jamur dengan daun kelor dan waktu pengukusan sehingga dapat menghasilkan karakteristik nugget jalor yang diinginkan serta memanfaatkan sumber daya sayuran sebagai bahan baku alternatif dalam pembuatan nugget. Penelitian ini menggunakan rancangan percobaan acak faktorial 3x3 dalam rancangan acak kelompok (RAK) dengan ulangan sebanyak 3 kali sehingga diperoleh 27 kombinasi percobaan, dimana faktornya meliputi perbandingan jamur dengan daun kelor (J) yang terdiri dari 3 taraf, yaitu j1 (2:1), j2 (1:1) dan j3 (1:2) serta waktu pengukusan (W) yang terdiri dari 3 taraf yaitu w1 (20 menit), w2 (30 menit) dan w3 (40 menit). Respon pada penelitian ini adalah respon kimia yang meliputi kadar protein, kadar kalsium dan kadar serat, dan respon organoleptik yang meliputi tekstur, rasa, aroma dan warna. Hasil penelitian pendahuluan penentuan jenis jamur yang akan digunakan untuk penelitian utama berdasarkan pengujian organoleptik metode de Garmo yaitu jamur merang. Hasil penelitian utama menunjukkan bahwa faktor perbandingan jamur dengan daun kelor tidak berpengaruh terhadap respon organoleptik (aroma dan warna) tetapi berpengaruh terhadap respon kimia (kadar protein, kadar kalsium dan kadar serat) dan organoleptik (tekstur dan rasa). Pada faktor waktu pengukusan tidak berpengaruh terhadap respon organoleptik (rasa, aroma dan warna) tetapi berpengaruh terhadap respon kimia (kadar protein, kadar kalsium dan kadar serat) dan organoleptik (tekstur). Interaksi antara perbandingan jamur dengan daun kelor dan waktu pengukusan berpengaruh terhadap respon organoleptik (tekstur). Kata Kunci : Jamur, daun kelor, waktu pengukusan, nugget.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2021
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 03 Nov 2021 02:50
Last Modified: 03 Nov 2021 02:50
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53566

Actions (login required)

View Item View Item