ANALISIS PRAGMATIS TERHADAP TINDAK TUTUR ILOKUSI DALAM NOVEL RANTAU 1 MUARA KARYA AHMAD FUADI DAN KESESUAIANNYA DENGAN TUNTUTAN BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA DI SMA

SUTARYAT, VENIDA WINARNI (2021) ANALISIS PRAGMATIS TERHADAP TINDAK TUTUR ILOKUSI DALAM NOVEL RANTAU 1 MUARA KARYA AHMAD FUADI DAN KESESUAIANNYA DENGAN TUNTUTAN BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA DI SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (475kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari tindak tutur ilokusi yang terkandung dalam novel Rantau 1 Muara karya Ahmad Fuadi dengan menganalisis dan melihat kesesuaiannya dengan tuntutan bahan ajar bahasa Indonesia Kelas XII di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif merupakan penelitian yang mendeskripsikan hasil analisis secara naratif. Sumber data dalam analisis ini adalah novel Rantau 1 Muara karya Ahmad Fuadi dan beberapa buku penunjang penelitian. Adapun hasil analisis tindak tutur ilokusi ini mengandung lima jenis tindak tutur diantaranya, 40 tuturan yang menunjukkan tindak tutur asertif berupa kalimat komunikatif “menyatakan” sebanyak 29 kalimat, “mengeluh” sebanyak 11 kalimat, 78 tuturan yang menunjukkan tindak tutur direktif dengan kalimat tuturan komunikatif “memesan” sebanyak 6 kalimat, “menasihati” sebanyak 2 kalimat, “memerintah” sebanyak 30 kalimat, “menyarankan” sebanyak 22 kalimat, “memohon” sebanyak 15 kalimat, dan “merekomendasi” sebanyak 2 kalimat, 37 tuturan yang menunjukkan ekspresif dengan tuturan kalimat komunikatif “memuji” sebanyak 7 kalimat, “permintaan maaf” sebanyak 13 kalimat, “berterima kasih” sebanyak 12 kalimat, “memberi selamat” sebanyak 4 kalimat, dan “berbelasungkawa” sebanyak 1 kalimat, 11 tuturan yang menunjukkan komisif dengan tuturan kalimat komunikatif “mengancam” sebanyak 2 kalimat, “berjanji” sebanyak 5 kalimat, dan “menawarkan” sebanyak 4 kalimat, 3 tuturan yang menunjukkan deklarasi dengan tuturan kalimat komunikati “mengucilkan” sebanyak 2 kalimat, dan “berpasrah” sebanyak 1 kalimat. Hasil analisis ini selanjutnya disesuaikan dengan tuntutan kurikulum 2013 yang berisi Kompetensi Dasar (KD) dan Kompetensi Inti (KI). Selain itu, disesuaikan juga dengan kriteris bahan ajar yang dinilai berdasarkan aspek bahasa dan aspek psikologi. Kata Kunci: Analisis, tindak tutur ilokusi, novel, bahan ajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2021
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 02 Nov 2021 06:20
Last Modified: 02 Nov 2021 06:20
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53557

Actions (login required)

View Item View Item