Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Penalaran Matematis dan Berpikir Kritis Serta Motivasi Belajar Siswa SMP

ARIS FITRIYANTO, NPM : 168060030 (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Penalaran Matematis dan Berpikir Kritis Serta Motivasi Belajar Siswa SMP. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
.Cover.docx

Download (42kB)
[img] Text
4. Abstrak.docx

Download (19kB)
[img] Text
Bab I.docx

Download (31kB)
[img] Text
Bab II.docx

Download (59kB)
[img] Text
Bab II.docx

Download (59kB)
[img] Text
Bab III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] Text
Bab IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (330kB)
[img] Text
Bab V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (27kB)

Abstract

Aris Fitriyanto. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Penalaran Matematis dan Berpikir Kritis serta Motivasi Belajar Siswa SMP. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan matematis siswa di Indonesia khususnya siswa SMP kelas VIII dibandingkan dengan siswa di negara lain, dilihat dari hasil studi internasional Programme for International Student Assessment (PISA) dan Trend in International Mathematics and Science Study (TIMSS). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan penalaran matematis dan berpikir kritis serta motivasi belajar siswa SMP. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian campuran (mixed method) dengan tipe embedded desaign. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMPN Unggulan Sindang kelas VIII tahun pelajaran 2017/2018, sedangkan sampel yang diambil dalam penelitian ini yaitu kelas VIII D dan VIII E. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peningkatan kemampuan penalaran matematis dan kemampuan berpikir kritis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model problem based learning lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (2) motivasi belajar siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model problem based learning lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (3) terdapat korelasi antara kemampuan penalaran matematis, kemampuan berpikir kritis, dan motivasi belajar siswa; (4) terdapat pengaruh positif motivasi belajar terhadap kemampuan penalaran matematis dan kemampuan berpikir kritis. Kata kunci : Problem Based Learning, Kemampuan Penalaran Matematis, Kemampuan Berpikir Kritis, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2021
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 02 Nov 2021 03:59
Last Modified: 02 Nov 2021 03:59
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53543

Actions (login required)

View Item View Item