PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM MENULIS PUISI BERTEMA KEINDAHAN ALAM YANG BERORIENTASI KEARIFAN LOKAL SITU CIBURUY PADALARANG DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 PADALARANG

SUNARTI, NPM : 168090007 (2021) PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM MENULIS PUISI BERTEMA KEINDAHAN ALAM YANG BERORIENTASI KEARIFAN LOKAL SITU CIBURUY PADALARANG DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 PADALARANG. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
Cover dan Daftar isi.docx

Download (100kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (63kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (76kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (37kB)

Abstract

Sunarti. 2018. Penggunaan Model Project Based Larning dalam Menulis Puisi Bertema Keindahan Alam yang Berorientasi Kearifan Lokal Situ Ciburuy Padalarang dan Dampaknya terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Padalarang. Tesis, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesis, Program Pascasarjana Universitas Pasundan Bandung, Pembimbing: (1) Prof. Dr. H.M. Didi Turmudzi, M.Si. (II) Dr. Hj. R. Panca Pertiwi Hidayati, M. Pd. Kata Kunci: Model Project Based Learning, Menulis Puisi, Kearifan Lokal, dan Berpikir Kreatif Model pembelajaran project based learning merupakan sebuah model pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk membangun pengetahuannya sendiri, dengan memberikan kesempatan kepada peserta didik berinteraksi dengan teman dalam menghasilkan produk berupa karya tulis, yaitu puisi. Hal tersebut dapat digunakan untuk memberikan dampak terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik dalam pembelajaran menulis puisi. Tema puisi dapat mengangkat kearifan lokal, untuk mempertahankan kebudayaan setempat. Salah satunya adalah kearifan lokal Situ Ciburuy yang terdapat di Padalarang Kabupaten Bandung Barat. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana kemampuan peserta didik dalam menulis puisi bertema keindahan alam yang berorientasi kearifan lokal Situ Ciburuy dengan menggunakan model project based learning. Di samping itu, untuk mengetahui bagaimana dampaknya terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Guna keperluan tersebut, subjek populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMA yang karakteristiknya dapat menuangkan ide secara mandiri dan memiliki kemandirian dalam belajarnya. Sampelnya terpilih dua kelas pada SMA Negeri 2 Padalarang Kab. Bandung Barat, yaitu kelas X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen yang pembelajarannya menggunakan model project based learning dan kelas X MIPA 5 sebagai kelas kontrol yang pembelajarannya menggunakan metode karya wisata. Penelitian ini menggunakan metode campuran (mix method). Instrumen yang digunakan berupa lembar soal menulis puisi, lembar observasi, dan angket. Data penelitian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan menulis puisi yang menggunakan model project based learning dengan kelas yang menggunakan metode karya wisata. Hasil penelitian juga menunjukkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang menggunakan model project based learning lebih berkualitas secara signifikan dibandingkan dengan peserta didik yang menggunakan metode karya wisata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis puisi bertema keindahan alam yang berorientasi kearifan lokal Situ Ciburuy berdampak (berpengaruh) terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Hasil penelitian ini cukup memberikan masukan bahwa model project based learning dapat diandalkan sebagai alternatif model pembelajaran menulis puisi.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2021
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 30 Oct 2021 08:16
Last Modified: 30 Oct 2021 08:16
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53522

Actions (login required)

View Item View Item