Strategi Perencanaan Pengembangan Produk UMKM Oleh Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah di Kabupaten Bandung

Faris Birruhaziron, NPM : 172010115 (2021) Strategi Perencanaan Pengembangan Produk UMKM Oleh Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah di Kabupaten Bandung. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img]
Preview
Text
Artikel Faris Birruhaziron.pdf

Download (121kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya masalah perencanaan pengembangan produk usaha kecil dan menengah yang dilaksanakan oleh Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Bandung belum sepenuhnya berjalan dengan efektif. Permasalahan tersebut, tercermin dari beberapa fenomena antara lain; belum optimalnya identifikasi terhadap eksistensi usaha kecil dan menengah secara komprehensif, masih lemahnya sinergitas antara pemerintah pusat dan daerah dalam menterjemahkan berbagai peraturan dan belum optimalnya dukungan factor internal dan eksternal dalam menjalankan program pengembangan produk unggulan usaha kecil dan menengah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi perencanaan pengembangan produk yang dilaksanakan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Mikro Kabupaten Bandung, mengetahui hambatan dan kendala yang dihadapi dalam perencanaan pengembangan produk serta menganalisis upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan dan kendala tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan terhadap program pengembangan produk usaha kecil dan menengah di Kabupaten Bandung belum sepenuhnya berjalan dengan efektif, sehingga membutuhkan adanya strategi yang tepat agar dapat mengoptimalkan pengembangan produk usaha kecil dan menengah sesuai dengan perencanaan yang telah ditetapkan. Adapun strategi yang bisa dilakukan antara lain; strategi penguatan sinergitas peraturan, strategi identifikasi sumber daya internal dan eksternal, strategi pemenangan persaingan pasar global, Strategi penguatan izin usaha, strategi pengembangan skill, strategi penguatan inovasi produk unggulan., dan strategi pengembangan kemitraan . Kata Kunci: Perencanaan; Pengembangan Produk; Strategi

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Administrasi dan Kebijakan Publik 2021
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 30 Oct 2021 06:07
Last Modified: 30 Oct 2021 06:07
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53513

Actions (login required)

View Item View Item