ANTISEPTIK BERBAHAN EKSTRAK DAUN SIRIH HIJAU (PIPER BETLE LINN) TERHADAP DAYA HAMBAT PERTUMBUHAN BAKTERI Staphylococcus aureus (Analisis Deduktif, Interpretatif dan Kualitatif dengan Teknik Studi Literatur)

Rozi, Nendy Noer Fathur, 175040058 (2021) ANTISEPTIK BERBAHAN EKSTRAK DAUN SIRIH HIJAU (PIPER BETLE LINN) TERHADAP DAYA HAMBAT PERTUMBUHAN BAKTERI Staphylococcus aureus (Analisis Deduktif, Interpretatif dan Kualitatif dengan Teknik Studi Literatur). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. ABSTRACT.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. RINGKESAN.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB I.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB II.pdf

Download (245kB) | Preview
[img] Text
16. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[img] Text
17. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)
[img] Text
18. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img]
Preview
Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (208kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kesehatan merupakan salah satu aspek yang penting bagi kehidupan manusia untuk menjalankan aktivitasnya sehari-hari, sehingga aktivitas seseorang akan sangat terganggu apabila kesehatannya sedang menurun. Seseorang yang rentan terkena penyakit atau kesehatannya kurang baik, akan dengan mudah terserang oleh penyakit dimana suatu penyakit yang disebabkan oleh mikroorganisme pathogen (bakteri) seperti Staphylococcus aureus. Salah satu penyebab seseorang sedang tidak sehat adalah kurangnya menjaga kebersihan diri dan juga kebersihan lingkungannya, Dan juga pola makan yang kurang sehat serta sebelum makan seseorang lupa untuk mencuci tangannya. Salah satu upaya untuk menjaga dari mikroorganisme berupa bakteri adalah dengan menggunakan antiseptik yang berfungsi untuk menghambat pertumbuhan dan membunuh mikroorganisme patogen. Karena antiseptik mengandung zat kimia di dalamnya. Jenis antiseptik yang dibutuhkan untuk mencegah dan menghancurkan terjadinya pertumbuhan bakteri adalah dengan menggunakan ekstrak daun sirih hijau, kandungan kimia yang terdapat di dalamnya yaitu seperti saponin, flavonoid, minyak atsiri. Daun sirih hijau dapat dimanfaatkan sebagai tanaman obat dan mampu mencegah atau menghancurkan suatu bakteri seperti Staphylococcus aureus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas antiseptik ekstrak daun sirih hijau (Piper Betle Linn) yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kepustakaan dengan menggunakan metode studi kepustakaan. Sumber data yang digunakan adalah sumber primer dan sumber sekunder. Bahwa hasilnya adalah antiseptik berbahan ekstrak daun sirih hijau dapat menghambat laju pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus dengan masingmasing konsentrasi yang di perlukan. Penelitian ini menghasilkan konsentrasi paling optimum pada konsentrasi 100% dengan menghasilkan rata-rata zona hambat yang baik (kategori kuat). Sehingga dapat disimpulkan bahwa antiseptik v adalah suatu zat kimia yang dapat menghambat laju pertumbuhan atau membunuh bakteri patogen lainnya termasuk staphylococcus aureus. Dari beberapa jurnal literatur yang telah di analisis bahwasanya antiseptik berbahan ekstrak daun sirih hijau ini dapat menghambat laju pertumbuhan bakteri dengan efektivitas nya dalam melakukan uji aktivitas terhadap bakteri seperti staphylococcus aureus dan bakteri patogen lainnya, dimana masing-masing jurnal literatur menghasilkan indikator konsentrasi yang berbeda-beda, terdapat konsentrasi yang dimulai dari angka terendah sampai angka tertinggi atau nilai hambat minimum dan nilai hambat maksimum, semakin tinggi konsentrasi yang didapat maka semakin besar jumlah atau bentuk diameter zona hambat yang terbentuk, artinya antiseptik tersebut dapat menghambat laju pertumbuhan bakteri dengan baik. Kata kunci: Antiseptik, Konsentrasi, Daun Sirih Hijau, Staphylococcus aureus.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2021
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 30 Oct 2021 04:10
Last Modified: 30 Oct 2021 04:10
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53508

Actions (login required)

View Item View Item