PEMBELAJARAN MENULIS PUISI BERORIENTASI PADA GAYA BAHASA PERSONIFIKASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE SUGESTI-IMAJINASI PADA PESERTA DIDIK KELAS X

Mursal Azis, M. Didi Turmudzi, Panca Pertiwi Hidayati, NPM. 178090024 (2021) PEMBELAJARAN MENULIS PUISI BERORIENTASI PADA GAYA BAHASA PERSONIFIKASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE SUGESTI-IMAJINASI PADA PESERTA DIDIK KELAS X. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
Mursal Azis_MPBI copy.docx

Download (21kB)

Abstract

Menulis puisi merupakan salah satu materi yang wajib dikuasai oleh peserta didik kelas X. Untuk mencapai indikator pembelajaran menulis puisi diperlukan metode pembelajaran yang tepat agar dapat mencapai tujuan tersebut. Namun, pada kenyataan di lapangan tidak semua peserta didik mampu menulis puisi dengan baik. Selain itu, metode yang diterapkan dalam pembelajaran menulis puisi pun belum maksimal. Oleh karena itu, dalam penelitian ini penulis memiliki tujuan untuk mendeskripsikan metode sugesti-imajinasi sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan menulis dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik dalam menulis puisi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah mixed method dengan tipe embedded design. Kemudian teknik pengambilan datanya meliputi tes, observasi, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini antara lain; (1) kemampuan menulis puisi berorientasi pada gaya bahasa personifikasi dengan menggunakan metode sugesti-imajinasi lebih baik dibandingkan dengan menggunakan metode konvensional dengan nilai rata-rata 79,80 lebih besar dibandingkan kelas yang menggunakan metode konvensional, yaitu 72,25; (2) kemampuan peserta didik dalam menulis puisi berorientasi pada gaya bahasa personifikasi dengan menggunakan metode sugesti-imajinasi memiliki perbedaan yang signifikan dibandingkan dengan metode konvensional dengan hasil sig. (2-tailed) sebesar 0,047 < ɑ (0,050); dan (3) penggunaan metode sugesti-imajinasi dalam pembelajaran menulis puisi berorientasi pada gaya bahasa personifikasi berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05. Selanjutnya besarnya nilai korelasi (R) yaitu sebesar 0,270. Dari output tersebut diperoleh determinasi (R square) sebesar 0,073 yang artinya bahwa pengaruh penggunaan metode sugesti-imajinasi dalam pembelajaran menulis puisi berorientasi pada gaya bahasa personifikasi terhadap kemampuan berpikir kreatif adalah sebesar 7,3 %. Kata kunci: menulis puisi, metode sugesti-imajinasi, berpikir kreatif.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2021
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 29 Oct 2021 04:11
Last Modified: 29 Oct 2021 04:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53490

Actions (login required)

View Item View Item