FILM DOKUMENTER UPACARA SEBA DI KABUYUTAN CIBURUY (KAB. GARUT) MELALUI DEPARTEMEN DIRECTOR OF PHOTOGRAPHY. MUHAMMAD ANDIPA BASHIIRASYIID: 166020048

MUHAMMAD ANDIPA BASHIIRASYIID, Rahmadi, S.Sn. M.Sn. (2021) FILM DOKUMENTER UPACARA SEBA DI KABUYUTAN CIBURUY (KAB. GARUT) MELALUI DEPARTEMEN DIRECTOR OF PHOTOGRAPHY. MUHAMMAD ANDIPA BASHIIRASYIID: 166020048. Skripsi(S1) thesis, Fotografi & Film.

[img] Text
Upacara Seba Di Kabuyutan Ciburuy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/cgi/users/home?scree...

Abstract

Upacara tradisi dianggap wajib dilaksanakan oleh masyarakat Kabuyutan Ciburuy. Upacara seba merupakan sebuah penghormatan masyarakat Ciburuy terhadap leluhurnya yang dianggap memiliki derajat adiluhung, yaitu arwah Prabu Kiansantang dan pengikutnya yang telah mewariskan keturunan dan benda-benda pusaka. Sebagai sistem budaya, tradisi merupakan suatu sistem yang utuh dengan mencakup cara memaknai ucapan, tingkah laku, ritual, dan tindakan lainnya dari satu manusia terhadap manusia lainnya. Unsur terkecil dari sistem itu adalah simbol. Simbol ini mencakup simbol konstitutitf (berbentuk kepercayaan), simbol kognitif (berbentuk ilmu pengetahuan), simbol yang berbentuk nilai moral, dan simbol ekspresif atau simbol yang berhubungan dengan rasa. Dan masyarakat disana mengganggap bahwa upacara seba tersebut adalah acara syukuran telah diberi rizki, yang diadakan setahun sekali yaitu minggu ke 3 dibulan muharram. upacara tradisional dapat mengikat rasa solidaritas warga dan memiliki nilai-nilai penting sebagai pedoman perilaku masyarakat.Bukan tidak mungkin upacara itu satu persatu tersingkirkan. Di Kabupaten Garut ada beberapa situs yang biasa melaksanakan Upacara Tradisional tersebut, Salah satu upacara yang masih secara rutin dilaksanakan adalah Upacara Seba di Kabuyutan Ciburuy. Peneliti menggunakan penelitian kualitatif supaya bisa memanfaatkan penelitian yang sesuai dengan fakta dilapangan. Serta analisis dari sudut pandang Sutradara. Kata kunci : Film, Kabuyutan Ciburuy, Upacara Seba, Sejarah, Director Of Photography, Kepercayaan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Seni dan Sastra > Fotografi dan Film 2021
Depositing User: oman rohman
Date Deposited: 29 Oct 2021 02:49
Last Modified: 29 Oct 2021 02:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53479

Actions (login required)

View Item View Item