STRATEGI PENGUATAN KAPASITAS ANGGOTA DPRD DI KOTA SUKABUMI CAPACITY BUILDING STRATEGIES ON MEMBER OF LOCAL LEGISTATIVE COUNCIL IN SUKABUMI C

Munandi Saleh, NPm : 179020033 (2021) STRATEGI PENGUATAN KAPASITAS ANGGOTA DPRD DI KOTA SUKABUMI CAPACITY BUILDING STRATEGIES ON MEMBER OF LOCAL LEGISTATIVE COUNCIL IN SUKABUMI C. Disertasi(S3) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img]
Preview
Text
Jurnal Munandi Saleh.pdf

Download (437kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi fenomena permasalahan kapasitas anggota DPRD Kota Sukabumi dalam melaksanakan tiga fungsinya yakni fungsi legislasi, fungsi controling dan fungsi budgeting sebagai representasi dari rakyat untuk memastikan berjalannya kegiatan pemerintahan yang clean good goverment di Kota Sukabumi. Rumusan masalah penelitian yang dibuat adalah bagaimana kondisi kapasitas anggota DPRD di Kota Sukabumi saat ini ?, faktor apa yang menjadi penghambat upaya penguatan kapasitas anggota DPRD ? dan strategi apa yang dilakukan dalam upaya penguatan kapasitas anggota DPRD ?. Peneliltian ini fokus pada strategi penguatan kapasitas anggota DPRD di Kota Sukabumi, sehingga diharapkan nantinya bahwa lembaga DPRD sebagai lembaga publik tersebut memiliki kualitas yang memadai dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi sebagai pembuat peraturan daerah, yang menetapkan anggaran dan yang melakukan pengawasan terhadap berjalannya Pemerintahan Daerah. Penelitian bertujuan untuk mengetahui, menganalisis, menggambarkan dan mengungkapkan kapasitas anggota DPRD serta strategi yang dapat dilakukan dalam upaya penguatan kapasitasnya anggota DPRD. Penelitian ini menggunakan teori kapasitas yang dikemukan oleh Grindel dan teori strategi yang dikemukan oleh Osborne dan Plastrik. Peneliti menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, studi kepustakaan dan studi dokumen, dengan hasil akhir ditemukannya strategi untuk menguatkan kapasitas anggota DPRD di Kota Sukabumi. Hasil penelitian ini : 1) bahwa kapasitas anggota DPRD di Kota Sukabumi dalam melaksanakan tiga fungsinya masih lemah, sehingga perlu adanya upaya untuk meningkatkannya dengan strategi penguatan kapasitas, 2) bahwa untuk meningkatkan kapasitas tersebut perlu adanya strategi yang harus dilakukan, sehingga kapasitas anggota DPRD dapat meningat sesuai dengan harapan. Kata Kunci: Penguatan Kapasitas, Strategi Penuatan Kapasitas, Anggota DPRD.

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Sosial 2021
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 28 Oct 2021 03:52
Last Modified: 28 Oct 2021 03:52
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53443

Actions (login required)

View Item View Item