STRATEGI KEBIJAKAN ENERGI TERBARUKAN CINA DALAM 13th FIVE YEAR PLAN (FYP KE-13) UNTUK MEMENUHI INDIKATOR CAPAIAN TUJUAN KE-7 SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDG7)

Rama Capriano Arnesto Putra, 172030082 (2021) STRATEGI KEBIJAKAN ENERGI TERBARUKAN CINA DALAM 13th FIVE YEAR PLAN (FYP KE-13) UNTUK MEMENUHI INDIKATOR CAPAIAN TUJUAN KE-7 SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDG7). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (377kB) | Preview

Abstract

Energi merupakan salah satu bagian terpenting di dalam proses perkembangan dan pertumbuhan sebuah negara. Namun seiring meningkatnya kebutuhan akan energi, terjadi eksploitasi yang masif terhadap sumber daya energi. Eksploitasi berlebih menyebabkan penipisan cadangan energi, terlebih jenis energi konvensional seperti minyak bumi, batu bara, dan gas alam menjadi sumber daya energi yang sangat terdampak akibat aktivitas eksplotasi berlebih. Salah satu solusi yang hadir sebagai upaya mengantisipasi penipisan sumber daya energi konvensional adalah peralihan penggunaan sumber daya energi menuju energi terbarukan. Selain menjadi sebuah solusi alternatif untuk mengganti pola pemakaian energi konvensional, penggunaan energi terbarukan sangat berkaitan dengan proses pembangunan berkelanjutan yang telah menjadi kesepakatan bersama sejak tahun 2015. Energi terbarukan menjadi bagian dari proses memastikan akses pada energi yang terjangkau, bisa diandalkan, berkelanjutan dan modern untuk semua yang merupakan tujuan ke-7 (SDG7) dari Sustainable Development Goals (SDGs). Sebagai salah satu bagian di dalam SDGs, energi terbarukan telah menarik minat berbagai negara untuk melakukan transisi energi. Salah satu negara yang aktif berperan dalam melakukan transisi energi di negaranya, adalah Cina. Sebagai negara dengan jumlah konsumsi energi terbesar di dunia, Cina telah menjadi salah satu aktor yang penting dalam mewujudkan SDG7. Untuk mendorong berjalannya proses pemgembangan dan pembangunan energi terbarukan dinegaranya, Cina membentuk sebuah strategi dalam salah satu kebijakan yang dimilikinya yaitu 13th Five Year Plan (FYP ke-13). Oleh karena itu muncul sebuah pertanyaan penelitian yang berusaha dijawab dalam Skripsi ini yaitu “Bagaimana penerapan strategi kebijakan energi terbarukan Cina melalui FYP ke- 13 dalam memenuhi indikator capaian SDG7?” Untuk menjawab pertanyaan tersebut, peneliti menggunakan Pendekatan Neoliberalisme serta Konsep Rezim Internasional, Konsep Kebijakan, Konsep Pemangku Kepentingan, dan Konsep Energi Terbarukan untuk mengindentifikasi masalah penerapan strategi kebijakan energi terbarukan Cina melalui FYP ke-13 dalam memenuhi indikator capaian SDG7. Melalui penelitian ini, penulis menemukan strategi kebijakan energi terbarukan Cina yang diterapkan melalui FYP ke-13 dalam memenuhi indikator capaian SDG7. Penulis menemukan bahwa terdapat empat jenis strategi kebijakan energi terbarukan di dalam FYP ke-13 yang berperan besar dalam keberhasilan Cina memenuhi indikator capaian SDG7. Kata Kunci : Cina, Energi Terbarukan, FYP ke-13, Kebijakan, Strategi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2017
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 28 Oct 2021 03:33
Last Modified: 28 Oct 2021 03:33
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53436

Actions (login required)

View Item View Item