Cahyonoa, and Lili, Sukarlianab and Dadang, Mulyana (2021) Penerapan model pembelajaran inquiry dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). ISSN 2527-1918
|
Text
Artikel Pa Dadang Mulyana. Cadangan 3.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Salah satu model pembelajaran pada kurikulum 2013 yaitu model pembelajaran inquiry, maka peneliti tertarik mencari tahu penerapan model pembelajaran inquiry dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Tujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, proses, respon peserta didik, hambatan dan upaya guru terhadap penerapan model pembelajaran inquiry dalam mengembangkan kemamapuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Teori yang digunakan model pembelajaran inquiry menurut Komalasari (2017) dan berpikir kritis menurut Deswani (dalam Nana Najmina 2017). Metode Penelitian Study Deskriptif pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, studi pustaka, dan teknik dokumentasi. Responden Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan Peserta Didik kelas XI. Pengambilan sampel dengan cara Proportionet Stratified Random Sampling dan teknik pengolahan data dengan cara reduksi, display, verification, triangulasi. Hasil penelitian menunjukan dengan penerapan model pembelajaran inquiry peserta didik dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis dengan memecahkan masalah. Kendala yang dihadapi umumnya dari pengalokasian waktu, peserta didik dan banyak upaya yang dilakukan oleh guru Pendidikan Pancasila dan Kewaraganegaraan..
Item Type: | Article |
---|---|
Depositing User: | Kosim Ganda Rukmana |
Date Deposited: | 28 Oct 2021 02:56 |
Last Modified: | 11 Nov 2021 10:55 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53422 |
Actions (login required)
View Item |