IMPLEMENTASI KEMAMPUAN MENERAPKAN UNSUR MEKANIK DALAM MENULIS TEKS EKSPLANASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMAN 1 PASAWAHAN KABUPATEN PURWAKARTA

MEGA INDRIASARI, NPM. 198090017 (2021) IMPLEMENTASI KEMAMPUAN MENERAPKAN UNSUR MEKANIK DALAM MENULIS TEKS EKSPLANASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMAN 1 PASAWAHAN KABUPATEN PURWAKARTA. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
MEGA INDRIASARI_MPBI copy.docx

Download (37kB)

Abstract

Menulis adalah kemampuan, kemahiran dan kepiawaian seseorang dalam menyampaikan gagasannya ke dalam sebuah wacana agar dapat diterima oleh pembaca yang heterogen baik secara intelektual maupun sosial. Keterampilan menulis harus dibina dan dikembangkan secera berkelanjutan di dalam kegiatan pembelajaran, Salah satu upaya pembinaan dan pengembangan menulis peserta didik adalah dengan cara menulis peserta didik adalah dengan cara menulis teks eksplanasi. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan menerapkan unsur mekanik dalam menulis teks eksplanasi dengan menggunakan model discovery learning dan mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode campuran dengan tipe embedded. Adapun hasil dari penelitian ini antara lain: penggunaan model pembelajaran discovery learning dalam pembelajaran menerapkan unsur mekanik menulis teks eksplanasi berjalan efektif; kemampuan menulis teks eksplanasi peserta didik yang menggunakan model pembelajaran discovery learning lebih baik dibandingkan dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran lain. Hasil penelitian untuk kelas eksperimen menunjukkan ada peningkatan dengan nilai sebelumnya rata-rata 51,94 , sedangkan hasil rata-rata setelah dilakukan treatment rata-rata menjadi 85,63, terjadinya peningkatan sebesar 33,69. Berdasarkan data uji homogenitas dengan pengujian Homogenitas of Varians (Levene Statistic), bahwa nilai signifikansi adalah sebesar 0,313> 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa varians data posttest kelas eksperimen dan posttest kelas kontrol adalah sama atau homogen. Berdasarkan perhitungan bahwa menunjukkan taraf signifikan perbedaan peningkatan (n-gain) kemampuan berpikir kritis 0,000 < 0,05 , berdasarkan uji hipotesis maka dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran menerapkan unsur mekanik menulis teks eksplanasi yang mendapatkan perlakuan model discovery learning lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran model konvensional. Kata Kunci: Berpikir Kritis, Discovery Learning, Menulis Teks Eksplanasi

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2021
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 28 Oct 2021 01:52
Last Modified: 28 Oct 2021 01:52
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53401

Actions (login required)

View Item View Item