PENERAPAN BAHAN AJAR ONLINE BERBANTUAN POWER POINT INTERAKTIF KONSEP PERUBAHAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH SISWA KELAS X

Febrianti, Firda, 175040020 (2021) PENERAPAN BAHAN AJAR ONLINE BERBANTUAN POWER POINT INTERAKTIF KONSEP PERUBAHAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH SISWA KELAS X. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. ABSTRACT.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. RINGKESAN.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB I.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB II.pdf

Download (421kB) | Preview
[img] Text
16. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (469kB)
[img] Text
17. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] Text
18. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img]
Preview
Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan memecahkan masalah pada siswa dapat diterapkan melalui sistem pembelajaran dengan berbasis masalah, sehingga siswa akan aktif dalam proses pembelajaran untuk dapat memecahkan masalah dari suatu materi pelajaran dan menemukan solusi sendiri dari permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas x dalam melatih memecahkan masalah pada konsep materi perubahan lingkungan dengan diterapkan bahan ajar online berbantuan power point interaktif. Penelitian ini menggunakan metode preexperimental dengan desain penelitian one grup pretest-postest. Subjek pada penelitian adalah 30 siswa kelas X IPA di salah satu SMA Negeri di kota Bandung. Data penelitian ini diperoleh melalui sebuah tes, angket dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah kelas X IPA 1 pada materi perubahan lingkungan dengan menerapkan bahan ajar online berbantuan power point interaktif. Berdasarkan hasil tes rata-rata nilai siswa sebelum diberikan perlakuan sebesar 70,33 sedangkan setelah diberikan perlakuan rata-rata nilai siswa menjadi 93,5 dengan nilai n-gain yang dinormalisasikan sebesar 0,78 yang dikategorikan tinggi. Angket respon siswa sebagai intrumen pendukung penelitian didapatkan hasil rata-rata skor presentase sebesar 97,75% yang dikategorikan baik. Hasil analisis nilai untuk ketercapaian untuk indikator kemampuan memecahkan masalah yaitu: indikator mengidentifikasi masalah diperoleh 90%, indikator merumuskan masalah diperoleh 90%, indikator merumuskan hipotesis diperoleh 83%, dan indikator menarik kesimpulan diperoleh 86%. Bahan ajar online berbantuan power point interaktif konsep perubahan lingkungan berdasarkan hasil tes dan analisis ketercapaian indikator dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah pada siswa kelas x. Kata Kunci: Power point Interaktif, Konsep Perubahan Lingkungan, Kemampuan Memecahkan Masalah

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2021
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 27 Oct 2021 06:57
Last Modified: 27 Oct 2021 06:57
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53394

Actions (login required)

View Item View Item