PENGARUH PENERAPAN POLA TATA KELOLA BLUD, KEMAMPUAN MANAJEMEN, SISTEM INFORMASI KEUANGAN TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN SERTA IMPLIKASINYA PADA KINERJA KEUANGAN PUSKESMAS ( Survei Pada Puskesmas BLUD Di Bandung Raya )

Ayu Laili Rahmiyati, NPM : 179010031 (2021) PENGARUH PENERAPAN POLA TATA KELOLA BLUD, KEMAMPUAN MANAJEMEN, SISTEM INFORMASI KEUANGAN TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN SERTA IMPLIKASINYA PADA KINERJA KEUANGAN PUSKESMAS ( Survei Pada Puskesmas BLUD Di Bandung Raya ). Disertasi(S3) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
ARTIKEL AYU LAILI RAHMIYATI DIM 18 copy.docx

Download (48kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini didasarkan pada fenomena bahwa puskesmas merupakan layanan kesehatan primer yang mempunyai alur birokrasi yang panjang dalam proses pencairan dana dan adanya ketentuan pengelolaan keuangan yang membatasi kelancaran pelayanan serta sulitnya mengukur kinerja, sehingga pemerintah melakukan reformasi tata kelola puskesmas menjadi tata kelola Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) yang menerapkan prinsip flexibilitas dan kemandirian pengelolaan keuangan, yang bertujuan meningkatkan kinerja keuangan puskesmas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh penerapan tata kelola BLUD, kemampuan manajemen, system informasi keuangan terhadap kulitas laporan keuangan serta implikasinya pada kinerja keuangan puskesmas BLUD, baik secara simultan maupun secara parsial. Penelitian ini menjelaskan hubungan kausal (sebab-akibat) antar variable dan menguji hipotesis penelitian. Teknik penentuan data dilakukan dengan Teknik probability sampling. Metode analisis menggunakan Parth Analysis. Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan tata kelola BLUD, kemampuan manajemen, system informasi keuangan terhadap kualitas laporan keuangan sebesar 77.67%.Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan, baik secara langsung maupun tidak langsung dari penerapan tata kelola BLUD terhadap kualitas laporan keuangan (18.93%), kemampuan manajemen terhadap kualitas laporan keuangan (25.83%), dan sistem informasi keuangan terhadap kualitas laporan keuangan (32,91%). Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari kualitas laporan keuangan terhadap kinerja keuangan sebesar 82.1 %, adapun pengaruh variabel lain yang tidak diteliti, sebesar 17,9 persen. Kata Kunci: Tata Kelola BLUD, Kemampuan Manajemen, Sistem Informasi Keuangan, Laporan Keuangan, Kinerja Keuangan

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Manajemen 2021
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 27 Oct 2021 06:02
Last Modified: 27 Oct 2021 06:02
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53392

Actions (login required)

View Item View Item