PENGGUNAAN MEDIA VIDEO POWTOON PADA MATERI SISTEM EKSKRESI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

PUTRI,RIYANIKE, 175040001 (2021) PENGGUNAAN MEDIA VIDEO POWTOON PADA MATERI SISTEM EKSKRESI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstrak (Bahasa Indonesia).pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstrak (Bahasa Inggris).pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Abstrak (Bahasa Sunda).pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB I.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB II.pdf

Download (368kB) | Preview
[img] Text
12. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
Text
15. Daftar Pustaka.pdf

Download (146kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pada masa pandemi covid-19 peserta didik diharuskan untuk melakukan pembelajaran daring sehingga proses pembelajaran saat daring kurang optimal. Permasalahan pada penelitian ini adalah hasil belajar siswa kurang optimal dalam proses pembelajaran daring, siswa dalam proses pembelajaran daring masih pasif, dan siswa mengalami kesulitan memahami materi pada pembelajaran daring. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk membuktikan bahwa penggunaan media video powtoon dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimental dengan desain one group pretest postest design. Subyek penelitian ini adalah seluruh kelas VIII yang berjumlah 80 siswa yang dikelompokan dengan kelompok atas, kelompok sedang, dan kelompok bawah. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes, dan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Hasil belajar siswa diukur dari nilai pretest dan posttest dengan menggunakan uji N-gain dan hasil N-gain pada kelompok atas sebesar 0,68 dengan kriteria sedang, pada kelompok sedang rata-rata hasil sebesar 0,57 dengan kriteria sedang dan pada kelompok bawah rata-rata hasilnya 0,66 dengan kriteria sedang. Diketahui rata-rata nilai pretest siswa sebelum diberikan perlakuan sebesar 52,8 dan setelah diberi perlakuan rat-rata nilai posttest naik sebesar 83,5. Penggunaan media video powtoon dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tanjungpinang pada materi sistem ekskresi semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Media Powtoon, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2021
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 27 Oct 2021 02:44
Last Modified: 27 Oct 2021 02:44
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53375

Actions (login required)

View Item View Item