ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA PADA PENERAPAN MODEL BRAIN BASED LEARNING

DESY PUSPITASARI, 175050055 (2021) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA PADA PENERAPAN MODEL BRAIN BASED LEARNING. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover_Desy Puspitasari 175050055.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pengasahan_Desy Puspitasari 175050055.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstract inggris_Desy Puspitasari 175050055.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak indonesia_Desy Puspitasari 175050055.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1_Desy Puspitasari 175050055.pdf

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2_Desy Puspitasari 175050055.pdf

Download (836kB) | Preview
[img] Text
Bab 3_Desy Puspitasari 175050055.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (633kB)
[img] Text
Bab 4_ Desy Puspitasari 175050055.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (690kB)
[img] Text
Bab 5_ Desy Puspitasari 175050055.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka_Desy Puspitasari 175050055.pdf

Download (398kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan berpikir kritis matematis dan self-efficacy siswa merupakan hal yang penting untuk dimiliki oleh setiap siswa. Namun pada kenyataannya kemampuan berpikir kritis matematis dan self-efficacy siswa di Indonesia masih relatif rendah. Salah satu model pembelajaran yang berpeluang meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis dan self-efficacy siswa yaitu model brain based learning. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada penerapan model brain based learning. (2) Menganalisis selfefficacy siswa pada penerapan model brain based learning. (3) Menganalisis pengaruh self-efficacy terhadap kemampuan berpikir kritis matematis. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian studi kepustakaan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualtatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu editing, organizing, dan finding. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu induktif dan interpretatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan berpikir kritis matematis siswa meningkat setelah penerapan model brain based learning bahkan pada beberapa penelitian memperlihatkan bahwa pembelajaran dengan model brain based learning lebih baik dibandingkan pembelajaran konvensional dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. (2) Self-efficacy siswa meningkat setelah penerapan model brain based learning. (3) Self-efficacy mempengaruhi kemampuan berpikir kritis matematis siswa, semakin tinggi self-efficacy maka siswa akan semakin mampu memenuhi indikator kemampuan berpikir kritis matematis siswa begitupun sebaliknya. Tetapi walaupun begitu, self-efficacy bukan menjadi satu-satunya faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir kritis matematis. Kata Kunci: Kemampuan berpikir kritis matematis, Self-efficacy, brain based learning

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2021
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 23 Oct 2021 04:02
Last Modified: 23 Oct 2021 04:02
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53311

Actions (login required)

View Item View Item