PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PADA PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NASIONAL BANDUNG

Indis Juniar Eka Putri, NPM : 158090002 (2021) PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PADA PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NASIONAL BANDUNG. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
COVER.doc

Download (37kB)
[img] Text
BAB I TESIS bimbingan 3.doc

Download (78kB)
[img] Text
BAB II bimbingan 6.doc

Download (145kB)
[img] Text
BAB III bimbingan 3.doc
Restricted to Repository staff only

Download (445kB)
[img] Text
BAB 4 indis 4.doc
Restricted to Repository staff only

Download (35MB)
[img] Text
BAB 5 indis 2.doc
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA Revisi 2 indis bimbingan 1.doc

Download (41kB)

Abstract

Putri, Indis Eka Juniar. 2018. Penggunaan Media Video pada Pembelajaran Memproduksi Teks Laporan Hasil Observasi Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kreativitas pada Peserta Didik Kelas X SMA Nasional Bandung. Tesis, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana Universitas Pasundan Bandung. Pembimbing: (I) Dr. Hj. R. Panca Pertiwi Hidayati, M.Pd. (II) Dr. H. Dadang Mulyana, M.Si. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan memproduksi teks laporan hasil observasi dikalangan peserta didik kelas X SMA. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas peserta didik dalam memproduksi teks laporan hasil observasi dengan menggunakan media video. Penelitian ini menggunakan Metode quasi eksperiment dengan teknik penelitian telaah pustaka, observasi, tes, dan teknik analisis Penelitian ini menggunakan media video. Simpulan penemuan dari penelitian ini, yaitu: (1) Penulis mampu merencanakan dan melaksanakan pembelajaran memproduksi teks laporan hasil observasi dengan menggunakan media video pada peserta didik kelas X SMA Nasional Bandung. Hal ini dibuktikan dari hasil nilai perencanaan dan pelaksanaan sebesar 3,8; (2) Siswa kelas X SMA Nasional Bandung mampu memproduksi teks laporan ha-sil observasi dengan menggunakan media video . Hal ini terbukti dari nilai rata-rata pretest yaitu 49,5 dan nilai rata-rata postest yaitu 79,6. Jadi, ada peningkatan sebesar 30,1 atau setara dengan 13,7%; (3) Media video tepat digunakan dalam pembelajaran memproduksi teks laporan hasil observasi pada siswa kelas X SMA Nasional Bandung. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil > yakni 19,15 > 2,06. Pada taraf signifikansi 5% tingkat kepercayaan 95% dan derajat kebebasan 24. Berdasarkan fakta tersebut, penulis menyimpulkan bahwa semua hipotesis yang penulis rumuskan dalam penelitian ini dapat diterima. Kata kunci: pembelajaran memproduksi teks laporan hasil observasi, media video, kreativitas.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2021
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 22 Oct 2021 03:24
Last Modified: 22 Oct 2021 03:24
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53271

Actions (login required)

View Item View Item