PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Survey Pada Peserta didik Kelas X IPS Semester Genap Tahun Ajaran 2020/2021 di SMAN 1 Soreang)

Gita Daivina Aprillia Firdaus, 175020105 (2021) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Survey Pada Peserta didik Kelas X IPS Semester Genap Tahun Ajaran 2020/2021 di SMAN 1 Soreang). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (430kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (510kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (i) bagaimana kemandirian belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS di SMAN 1 Soreang, (ii) bagaimana minat belajar peserta didik saat mata pelajaran ekonomi kelas X IPS di SMAN 1 Soreang, (iii) seberapa besar pengaruh kemandirian belajar peserta didik terhadap minat belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS di SMAN 1 Soreang. Metode penelitian yang digunakan yaitu survey dengan populasi sebanyak 102 peserta didik kelas X IPS di SMAN 1 Soreang. Analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linier sederhana menggunakan program SPSS 24 For Windows . adapun hasil penelitian menunjukan: (i) kemandirian belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS di SMAN 1 Soreang dalam kategori baik dengan rata-rata skor sebesar 4,39 dan persentase 87,85%, (ii) minat belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS di SMAN 1 Soreang dapat dikatakan baik dengan skor rata-rata 4,29 dan pesentase sebesar 85,82%, (iii) Berdasarkan analisis regresi linier sederhana menghasilkan Y = 14,135 + 0,655x yang artinya, ada peningkatan sebesar 14,135 dari kemandirian belajar maka minat belajar akan bertambah atau meningkat sebesar 0,655 sedangkan hasil koefisien determinasi menunjukan bahwa terdapat pengaruh kemandirian belajar peserta didik terhadap minat belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS di SMAN 1 Soreang sebesar 43,1% yang dinilai cukup kuat dan 56,9% dipengaruhi oleh faktor lain. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kemandirian belajar peserta didik terhadap minat belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS di SMAN 1 Soreang. Kata Kunci : Kemandirian belajar, Minat belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2021
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 21 Oct 2021 07:17
Last Modified: 21 Oct 2021 07:17
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53249

Actions (login required)

View Item View Item