STRATEGI KOMUNIKASI MEDIA SOSIAL DALAM MENYAMPAIKAN INFORMASI COVID 19 (Studi Deskriptif Akun Instagram @musemediaid)

ALIYSSA S. MUTAZAH SAPUTRI, 172050131 (2021) STRATEGI KOMUNIKASI MEDIA SOSIAL DALAM MENYAMPAIKAN INFORMASI COVID 19 (Studi Deskriptif Akun Instagram @musemediaid). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER Aliyssa Sm.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN Aliyssa Sm.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 Aliyssa Sm.pdf

Download (694kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka Aliyssa Sm.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 Aliyssa Sm.pdf

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK Aliyssa Sm.pdf

Download (425kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Strategi Komunikasi Media Sosial Dalam Menyampaikan Informasi COVID-19 (Studi Deskriptif akun Instagram @musemediaid)”. Strategi untuk mengkomunikasikan sebuah berita yang bertujuan untuk menginformasi pembacanya dengan menggunakan media sosial Instagram sebagai media untuk menyampaikannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi yang dilakukan Muse Media ID melalui media sosial Instagram. Peneliti menggunakan Teori New Media juga Model Social Media The Circular Model Of SOME dengan melihat berdasarkan perencanaan strategi komunikasi yang memiliki beberapa aspek yaitu membagikan (share), mengoptimalkan (optimize), mengelola (manage), dan melibatkan (engage). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yang dimana teknik dan proses pengumpulan datanya melalui studi literatur, observasi dan wawancara. Jumlah informan dalam penelitian ini yaitu 11 (sebelas) orang meliputi 1 (satu) informan kunci, 1 (satu) informan utama, 1 (satu) informan akademisi dan 8 (delapan) informan pendukung. Hasil penelitian strategi komunikasi media sosial yang dilakukan oleh @musemediaid dalam memberitakan informasi termasuk mengenai COVID-19 sudah cukup efektif untuk menarik pembaca sebagai audiensnya. Dalam membagikan (share) @musemediaid mampu menganalisis audiens yang menjadi segmentasinya sehingga berita yang diunggahnya tepat sasaran, penggunaan instagram yang dimana menitikberatkan pada visual dan kesederhanaan redaksi sesuai dengan strategi mengoptimalkan (optimize) pesan yang ditetapkan oleh @musemediaid untuk pembaca yang mayoritas kalangan anak muda, dalam pengengelolaan (manage) penggunaan instagram sebagai media yang interaktif sudah sangat efektif dan @musemediaid mampu melibatkan (engage) audience yang menjadi pembacanya dengan memaksimalkan kreatifitas dari setiap konten yang diunggahnya. Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Perencanaan Strategi, New Media

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2017
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 21 Oct 2021 04:40
Last Modified: 21 Oct 2021 04:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53232

Actions (login required)

View Item View Item